Mi Ayam Enak

Bakmi Jhon Punya Mi Ayam Jamur Gerobakan dengan Sambal Goreng yang Dahsyat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 14 Jul 2017 16:43 WIB
Foto: dok. DetikFood
FOKUS BERITA Mi Ayam Enak
Jakarta - Doyan mi ayam gerobakan? Mampirlah ke Bakmi Jhon Sampit Melawai. Ada mi ayam topping jamur yang sedap di sini. Pelengkap sambal goreng bikin rasa mi makin nikmat!

Berdiri sejak 1995, Bakmi Jhon Sampit Melawai terkenal di kalangan pencinta mi ayam. Tak lain karena semangkuk mi ayam sedap berharga murah di sini.

"Ini dari tahun 1995 awalnya. Pusatnya di Sampit, Melawai sebelah BNI. Ada juga cabang di Tebet," ujar sang pegawai. Ia menambahkan Bakmi Jhon dulu juga sempat ada di Bintaro tetapi kini sudah tutup.

Bakmi Jhon Punya Mi Ayam Jamur Gerobakan dengan Sambal Goreng yang DahsyatGerobak Mi Ayam Bakmi Jhon di Jalan Langsat (Foto: dok. DetikFood)

Ciri khas mi ayam Bakmi Jhon adalah penggunaan topping jamur merang. Pegawai menjelaskan, "Yang spesial di sini itu pake topping jamur merang. Jarang-jarang yang pake jamur." Sementara untuk mi-nya menggunakan merek siap pakai yang dipasok dari pusat.

Soal bumbu, Bakmi Jhon meracik sendiri cincangan daging ayam dengan bawang putih dan garam. Sedangkan untuk bumbu mi-nya sederhana. "Kalau untuk di mi-nya hanya pakai kecap ikan sebagai pengganti garam dan minyak sayur. Selanjutnya mi yang sudah matang tinggal diaduk bumbu hingga merata," sambungnya.

Khusus untuk varian yamin, bumbu mi tersebut ditambahkan kecap manis sebelum diaduk rata bersama mi.

Bakmi Jhon juga menyediakan topping mi ayam. Anda bisa mencicip mi ayam jamur dengan pangsit, bakso ataupun pangsit + bakso. Harganya Rp 15.000-19.000 per mangkuk.

Bakmi Jhon Punya Mi Ayam Jamur Gerobakan dengan Sambal Goreng yang DahsyatMi Ayam Jamur Biasa Buatan Bakmi Jhon (Foto: dok. DetikFood)

Nah, kalau mau porsi besar ada menu jumbo yang ukurannya 2 kali lipat reguler. Harganya mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 34.000.

Mi lalu disajikan dengan pelengkap cincangan daging ayam, irisan daun bawang dan pangsit goreng. Di meja ada pula kecap, saos dan sambal untuk menambah cita rasa mi ayam. Uniknya sambal mi ayam di sini berupa sambal goreng kering.

"Sambalnya dibuat dari rawit merah. Jadi pedasnya memang benar-benar kuat," jelas pegawai Bakmi Jhon. Kamipun membuktikan sendiri kepedasan sambal rawit tersebut. Huahh! Rasa pedasnya berpadu enak dengan mi ayam yang kenyal gurih.

Bakmi Jhon Punya Mi Ayam Jamur Gerobakan dengan Sambal Goreng yang DahsyatSambal Goreng yang Pedas Menonjok di Bakmi Jhon (Foto: dok. DetikFood)

Tiap hari Bakmi Jhon buka mulai pukul 7 pagi hingga 4 sore. Dalam sehari cabang ini bisa menjual hingga 100 porsi. Baik varian mi ayam biasa maupun yamin sama-sama digemari.

Karena buka sejak pagi hari, Bakmi Jhon kerap jadi tujuan tempat sarapan. Bakmi Jhon juga melayani pesanan mi ayam dalam jumlah banyak. Nah, kalau Anda sedang di Melawai atau Kramat Pela, pastikan mampir ke sini.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Mi Ayam Enak