Wine Seharga Rp 80 Ribu Ini Berhasil Menangkan Kompetisi Wine Internasional

Sonia Permata - detikFood Jumat, 14 Jul 2017 14:53 WIB
Foto: AFP Foto: AFP
Jakarta - Siapa bilang wine berkualitas tinggi harus berharga selangit? Wine seharga Rp 80.000 ini berhasil menjadi juara pertama dalam kompetisi wine internasional.

Pada tanggal 10 Juli lalu, pemenang dari Melbourne International Wine Competition jatuh kepada satu botol wine yang berharga tidak lebih dari 6$ atau sekitar Rp. 80.000 saja.

Wine Seharga Rp 80 Ribu Ini Berhasil Menangkan Kompetisi Wine InternasionalFoto: AFP


Wine ini berhasil mengalahkan jejeran wine-wine dari merek bergengsi dan berharga mahal yang ikut dalam kompetisi ini. St Andrews Carbenet Sauvignon nama wine murah ini, hanya dijual di supermarket Coles, yang berada di Australia.

Melalui 'blind tasting', para juri yang terdiri dari ahli dan pengamat wine memutuskan bahwa Carbenet Sauvignon masuk ke dalam salah satu dari 16 wine yang menerima medali emas ganda atau 'double gold.'

Melalui uji rasa ini, semua juri setuju bahwa wine ini cocok mendapatkan mendali double gold. Hal itu jarang terjadi karena biasanya juri sulit untuk menemukan satu keputusan.

Wine Seharga Rp 80 Ribu Ini Berhasil Menangkan Kompetisi Wine InternasionalFoto: AFP


Carbenet Sauvignon dijual secara ekslusif di Liquorland, First Choice, dan Vintage Cellars, yang semuanya dimiliki oleh perusahaan retail asal Australia, Coles, seperti yang dikabarkan melalui The Daily Meal (13/17).

"Kami telah bekerja sangat keras dengan pemasok minuman anggur atau wine selama bertahun-tahun untuk menciptakan portofolio wine yang berkualitas tinggi untuk memberikan kepuasan bagi pelanggan kami." ungkap Bob Paulinski kepada The Australian, selaku Head of Wine Sourcing di Coles.

Jika dulu wine yang berkualitas tinggi selalu identik dengan harga mahal dan susah ditemui, Carbenet Sauvignon berhasil menghapus pandangan itu dengan kehadiran wine berkualitas tinggi yang dijual di supermarket.

Wine Seharga Rp 80 Ribu Ini Berhasil Menangkan Kompetisi Wine InternasionalFoto: AFP


"Kemenangan seperti ini menunjukan bahwa merek wine eksklusif kami dapat bersaing dengan merek wine bergengsi lainnya di pasaran, dan merupakan bukti kerja luar biasa," lanjut Bob.

Ini bukan pertama kalintya Coles mengungguli label lain dengan harga yang terjangkau. Tahun lalu perusahaan Coles berhasil membawa peringkat juara pertama sebagai wine terbaik di bawah harga $20 atau sekitar Rp. 260,000,- dari Australia dan Selandia Baru di Winestate Wine of The Year Awards, dengan mengeluarkan produk wine bernama James Busby Big & Bold Shiraz 2015 seharga $5 atau setara dengan Rp. 65.000,- (msa/odi)