Ini Asarasi, Air Mineral Kemasan Pertama yang Berlabel Organik

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 11 Jul 2017 16:13 WIB
Foto: Daily Mail Foto: Daily Mail
Jakarta - Label organik tak lazim diberikan pada air mineral. Tapi perusahaan ini berhasil mendapat sertifikat organik USDA untuk produk air mineralnya.

Pelabelan organik pada makanan dan minuman meningkatkan daya beli sebuah produk. Masyarakat Amerika pun berharap ada produk air mineral dengan label organik.

Meski secara teknis air mineral seperti ini hampir tidak mungkin didapat karena aturan mengharuskan label 'organik' perlu berasal dari makhluk hidup. Buktinya United States Department of Agriculture (USDA) tidak pernah memberi label organik pada air mineral.

Ini Asarasi, Air Mineral Kemasan Pertama yang Berlabel OrganikAsarasi, Produk Air Mineral Pertama yang Dapat Label Organik (Foto: Daily Mail)

Tapi hal ini gugur usai produk Asarasi mendapat label organik untuk air mineralnya (sparkling tree water) yang berasal dari pohon maple. Untuk mendapat air ini, kandungan gula dari getah maple dihilangkan hingga menghasilkan air murni.

Dikutip dari Daily Mail (8/7), perusahaan mengklaim air mineral ini berasal dari sumber air paling murni di dunia. Asarasi sudah tersedia di banyak wilayah timur laut Amerika. Harganya 2 hingga 6.99 USD atau sekitar Rp 26.000-93.000 bergantung kemasan.

Pendiri Asarasi, Adam Lazar mengaku ide air mineral ini muncul saat dirinya melihat bagaimana sirup maple dibuat. Ia mendapati para pekerja kebun membuang sisa air yang didapat dari proses pengambilan getah maple.

Ini Asarasi, Air Mineral Kemasan Pertama yang Berlabel OrganikAsarasi Dibuat dari Pohon Maple (Foto: Daily Mail)

Berbekal banyak penelitian, ia mempelajari ada 500 juta galon air hasil filter pohon yang terbuang sia-sia saat proses produksi sirup maple. Atas hal ini ia membuat Asarasi.

Selain mendapat nilai tambahan dari label organik, Asarasi bersifat ramah lingkungan. Perusahaan mengklaim pendapatan pekerja di kebun maple naik 25% karena kini mereka bisa memanfaatkan air pohon maple menjadi bahan baku air mineral organik.

(adr/odi)