Kedai Kopi Kekinian

Kedai Kopi Ini Sudah Sajikan Kopi Susu Sejak Puluhan Tahun di Bangka Belitung

Maya Safira - detikFood Jumat, 07 Jul 2017 18:00 WIB
Foto: detikTravel Foto: detikTravel
FOKUS BERITA Kedai Kopi Kekinian
Jakarta - Bangka dan Belitung tidak cuma bisa jadi tujuan wisata pantai. Di sini juga terdapat banyak kedai kopi legendaris karena budaya kopi yang ada sejak lama.

Bangka dan Belitung tidak hanya terkenal dengan pantainya yang indah, tapi juga dikenal sebagai kota sejuta kedai kopi. Hampir disetiap sudut kota tampak kedai kopi sederhana yang tak pernah sepi pengunjung. Sebab tradisi minum kopi sudah ada sejak zaman Belanda. Berikut beberapa kedai kopi di Bangka Belitung.

1. Warung Kopi Ake

Kedai Kopi Ini Sudah Sajikan Kopi Susu Sejak Puluhan Tahun di Bangka BelitungProses Menyeduh Kopi yang Unik di Warung Kopi Ake (Foto: detikFood)

Sejak tahun 1922, Warung Kopi Ake sudah berdiri. Hingga kini sajian kopinya nyaris tak berubah, begitu juga cara penyeduhannya. Biji kopi memakai kopi robusta dari Lampung. Menu yang ditawarkan seperti kopi susu, teh susu dan kopi hitam. Meski sudah beberapa generasi, racikan kopinya tetaplah sama. Sebagai pendamping kopi, ada aneka camilan dan kue basah.

Warung Kopi Ake
Kawasan Kafe Senang
Tanjung Pandan
Belitung

2. Warung Kopi Tung Tau

Kedai Kopi Ini Sudah Sajikan Kopi Susu Sejak Puluhan Tahun di Bangka BelitungKalau ke Bangka Belitung Jangan Lupa Mampir ke Warung Kopi Tung Tau (Foto: indonesia.travel)

Warung kopi legendaris ini berlokasi di Sungailiat, Bangka. Sudah berdiri dari tahun 1938. Masyarakat setempat banyak yang menikmati kopi di sini. Pilihannya ada kopi O atau kopi hitam. Sebagai pendamping bisa cicip roti panggang isi telur dan srikaya.

Warung Kopi Tung Tau
Jl. Muhidin No. 87
Kota Sungailiat
Bangka

3. Warung Kopi Kong Djie

Kedai Kopi Ini Sudah Sajikan Kopi Susu Sejak Puluhan Tahun di Bangka BelitungWarung Kopi Kong Djie ada di Pelabuhan Tanjung Pandan, Bangka Belitung (Foto: detikTravel)

Warung Kopi Kong Djie berada di daerah Pelabuhan Tanjung Pandan. Kedai ini sudah berdiri sejak tahun 1943. Pilihan minuman termasuk kopi hitam dan kopi susu. Racikan kopi memakai ceret-ceret tinggi.

Warung Kopi Kong Djie
Jl. Gegedek
Belitung

4. Warung Kopi Atet

Kedai Kopi Ini Sudah Sajikan Kopi Susu Sejak Puluhan Tahun di Bangka BelitungWarung Kopi Atet di Manggar Bisa Jadi Pilihan Saat ke Bangka Belitung (Foto: Trip Advisor)

Manggar disebut kota 1001 warung kopi. Warung kopi ini sudah ada sejak tahun 1949. Pilihannya ada Kopi O maupun kopi susu. Sebagai teman ngopi ada roti goreng, lemper dan jajanan kue lainnya.

Warung Kopi Atet
Jl. Jendral Sudirman No. 187
Manggar
Belitung Timur (adr/odi)
FOKUS BERITA Kedai Kopi Kekinian