Nyamm! Empuk Manis Donat Isi Es Krim yang Menyegarkan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 05 Jul 2017 16:28 WIB
Foto: B Sweet
Jakarta - Pencinta dessert pasti suka dengan kreasi ini. Dinginnya es krim dibalut donat yang empuk manis. Nyammm!

Kreasi donat es krim atau ice cream doughnut sebenarnya bukan hal baru. Dessert ini memadukan dua dessert favorit banyak orang yaitu donat dan es krim.

Di Instagram, B Sweet mencuri perhatian berkat unggahan foto kreasi donat es krimnya. Kafe dessert di Los Angeles ini menghadirkan Halo. Berupa donat bulat dengan bongkahan es krim padat nan menggiurkan di dalamnya.

Nyamm! Empuk Manis Donat Isi Es Krim yang MenyegarkanTumpukan Donat Es Krim Buatan B Sweet (Foto: B Sweet)

Dalam keterangan foto, B Sweet menjelaskan es krim dimasukkan dalam donat berlapis gula. "Hangat di luar dan dingin di dalam," tulis kafe. Hingga berita ini ditulis, unggahan foto sudah mendapat lebih dari 1000 likes.

Untuk pemesanan, Halo dibuat berdasarkan permintaan. Makin enak karena bisa memilih rasa sesuai selera. Dikutip dari Refinery 29 (30/6), ada pilihan rasa mint chocolate chip, hot bread pudding dan Leche Flan Cake yang puaskan selera.

Sebelum B Sweet, gerai donat Bistro Morgan di Melbourne, Australia juga pernah membuat kreasi serupa. Sang pemilik, Morgan Hipworth mencetuskan doughnut ice cream sandwich.

Salah satu menu andalannya adalah Golden Gaytime Sandwich yang memakai remahan es krim populer Australia, Golden Gaytime, es krim honeycomb dan lelehan salted caramel. Ada juga Ferrero Rocher Ice Cream Doughnut berisi paduan donat, es krim Nutella, remahan hazelnut dan lelehan dark chocolate.

Nyamm! Empuk Manis Donat Isi Es Krim yang MenyegarkanDougnut Cone Buatan Good Food Coffee and Bakery di Praha (Foto: Popsugar)

Sedikit berbeda, Good Food Coffee and Bakery di Praha pernah membuat Doughnut Cone. Donat bentuk kerucut ini bisa diisi es krim, cokelat dan krim.

Jika menilik sejarahnya, doughnut cone sebenarnya sudah lama ada di Ceko dengan sebutan Trdelniks. Kue tradisional nan manis ini aslinya dari Rumania.

Trdelniks dibuat dari adonan mirip pastry yang kemudian digulung pada batang silinder dan dipanggang. Setelah matang, adonan ini dibubuhi dengan gula yang dicampur dengan kayu manis atau walnut.

Kalau ngiler, Anda bisa bikin sendiri donat es krim dengan mengikuti resep ini.

(adr/odi)