Bawa Bekal Bento Box yang Enak dan Bersih dengan Perhatikan 5 Hal Ini

Maya Safira - detikFood Selasa, 04 Jul 2017 17:17 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Mau bawa bekal bento box yang enak dan aman? Pakar bento ini berbagi cara memilih makanan hingga meraciknya.

Saat membuat bekal makan, tentunya perlu berhati-hati untuk mencegah keracunan makanan. Reiko Tsunabuchi, seorang instruktur masak di Ecole de Cuisine Egami Tokyo, mengatakan perlu memanaskan bahan sampai matang sempurna. Kemudian biarkan cukup dingin baru mengaturnya di dalam kotak makan. Ia juga merekomendasikan penggunaan bumbu bercitarasa kuat.

Menurutnya, cara termudah mencegah keracunan makanan yaitu dengan menghentikan bakteri berbahaya mengontaminasi makanan. Sehingga harus sangat berhati-hati saat menyiapkan bahan untuk bento. Karena ada jeda waktu antara menyiapkan bekal dan konsumsinya. Ini beberapa tipsnya seperti dilaporkan Yomiuri Shimbun.

1. Jenis masakan untuk bento

Bawa Bekal Bento Box yang Enak dan Bersih dengan Perhatikan 5 Hal IniFoto: iStock


Tsunabuchi merekomendasikan hidangan yang bisa dimasak matang sempurna untuk bekal makan siang. Misalnya tumisan sayuran yang dibumbu gula, soy sauce dan irisan tipis daging. Selain itu Tsunabuchi menyarankan omelet tipis yang digulung.

2. Bumbu

Bawa Bekal Bento Box yang Enak dan Bersih dengan Perhatikan 5 Hal IniFoto: iStock


Penggunaan bumbu rempah seperti jahe, wasabi, cabai merah atau cuka bisa membantu mencegah makanan basi atau rusak. Bahan-bahan ini bisa dipadukan dengan sayuran, daging atau telur untuk isian bento box. Brokoli juga bisa direndam selama satu jam dalam cuka untuk membuat acar brokoli.

3. Dinginkan makanan

Bawa Bekal Bento Box yang Enak dan Bersih dengan Perhatikan 5 Hal IniFoto: iStock


Setelah memasak makanan ini, dinginkan secukupnya dan tiriskan cairan berlebih. Gunakan pemisah kecil untuk mengatur makanan dalam bento box. Sehingga cairan dari satu sajian tidak mengenai bmakann lain.

Menghentikan kontaminasi silang bisa membantu mencegah makanan lain rusak atau basi. Penting juga tidak langsung menyentuh makanan secara langsung dengan tangan saat mengaturnya di kotak.

4. Nasi

Bawa Bekal Bento Box yang Enak dan Bersih dengan Perhatikan 5 Hal IniFoto: iStock


Sebelum menaruh nasi dalam kotak, ini juga harus cukup sejuk. Bila membuat nasi kepal atau onigiri, perlu ada perlakuan khusus pada tahap pesiapan. Pastikan pakai cukup garam dan gunakan bungkusan plastik (platic wrap) untuk membuat nasi kepal. Sehingga bakteri di tangan tidak pindah ke nasi.

"Jika ingin membungkus onigiri yang mudah dibawa, pertama sejukkan dulu nasi kepal dan gunakan plastic wrap baru. Jika ingin membungkusnya dengan rumput laut kering, lakukan ini sebelum Anda berniat memakannya," ujar Tsunabuchi seperti dikutip dari Straits Times (3/7).

Sebagai bahan onigiri, ia merekomendasikan acar jahe memakai cuka manis, umeboshi dan daun shiso. Karena punya efek antiseptik. Cincang bahan ini dan campurkan dalam nasi.

5. Membawa dan menyimpan kotak bekal

Bawa Bekal Bento Box yang Enak dan Bersih dengan Perhatikan 5 Hal IniFoto: iStock


"Ketika membawa kotak makan siang, gunakan cold pack dan tas berlapis penahan dingin (cool bag)," kata Tsunabuchi.

Menurutnya, perlu melakukan upaya ekstra ketika menyimpan kotak makan siang dan memakainya. Tergantung jenis bahannya, kotak makan perlu dicuci dengan deterjen kemudian disterilkan dengan air mendidih atau pembersih antibakteri. Bersihkan kotak dengan lap dan keringkan. Sebelum memakai kotak lagi, lap bagian dalamnya dengan tisu dapur yang direndam sedikit cuka. (msa/odi)