Ini Menu Sarapan yang Populer dengan Sebutan 'American Breakfast'

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 04 Jul 2017 07:38 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Hari ini Amerika berusia 241 tahun. Selain fried chicken, Amerika juga dikenal dengan menu sarapannya yang beragam. Seperti apa ya?

Amerika yang dikenal dengan sebutan United States of America ini merupakan republik federal dengan 50 negara bagian. Negara besar ini dikenal secara historis merupakan negara dengan beragam suku bangsa dan agama.

Karenanya ketika orang menyebut makanan Amerika, yang teringat burger dan fried chicken. Karena kedua makanan ini yang paling banyak dijajakan melalui jaringan restoran cepat saji yang sudah mengglobal. Secara internasional, menu sarapan Amerika menjadi salah sati pilihan menu sarapan resmi di banyak hotel di dunia. Selain English breakfast dan Continental breakfast.

Baca Juga:Inilah Menu Sarapan yang Dinikmati Orang Amerika pada Abd 18

Ini Menu Sarapan yang Populer dengan Sebutan 'American Breakfast'Foto: iStock

Jika memilih menu America breakfast secara umum akan disajikan 2 buah telur ayam bisa berupa poached egg atau ceplok. Dilengkapi dengan irisan bacon atau sosis, selembar roti panggang yang dioles selai buah, pancake dengan sirop, sereal, kopi atau teh dan jus jeruk.

Selain pancake kadang disajikan waffle dan roti kadang dig anti dengan hash brown potatoes atau kentang goreng. Sosis juga diganti dengan jenis daging olahan lain seperti daging asap atau pastrami.

Namun, yang jadi ciri khas menu sarapan mereka adalah bacon dan jus jeruk yang dikenal sebagai OJ (orange juice). Tidak selalu disantap dalam pilihan lengkap, sarapan kadang dinikmati hanya satu jenis saja. Misalnya saja cereal bowl, sereal dalam mangkuk yang diberi susu dan potongan buah segar.

Ini Menu Sarapan yang Populer dengan Sebutan 'American Breakfast'Foto: iStock

Gaya sarapan praktis ini disukai pelaku hidup sehat dan anak-anak. Meskipun tak semua suka sarapan dengan susu dingin dan sereal yang keras. Pelaku hidup sehat kemudian meracik sereal ini dengan memakai sereal whole wheat tanpa tambahan gula, dipadukan dengan chia seed, diberi topping buah segar seperti pisang, blueberry atau strawberry.

Sementara bagi yang tak bisa meracik sarapan di rumah, menu Bacon & Cheese Sandwich menjadi pilihan. Menu ini dikenal sebagai BLT Sandwich karena berisi bacon, lettuce, tomat dan telur mata sapi. Menu sarapan praktis inipun juga menjadi menu sarapan jaringan restoran cepat saji. Karena harganya relatif murah dan siap makan maka banyak orang menyantap BLT sandwich untuk sarapan.

Ini Menu Sarapan yang Populer dengan Sebutan 'American Breakfast'Foto: iStock

Baca Juga : Ini Menu Lengkap Sarapan Orang Inggris

Beragamnya makanan dalam piring sarapan orang Amerika ini menunjukkan pengaruh kuliner dari beragam bangsa yang datang ke Amerika. Tak seperti Inggris dengan English breakfast yang lebih sederhana dan ikonik. (odi/odi)