Masih Plesiran di Lampung, Jangan Lupa Cicip Bakso Hingga Mie Enak Di Sini!

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 30 Jun 2017 17:52 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Masih berada di Lampung, ada baiknya coba ke rumah makan ini. Ada bakso daging sapi yang gurih kenyal, mie hingga nasi uduk enak yang bisa Anda coba bersama keluarga.

Mulai dari pedagang pinggir jalan hingga restoran bisa Anda kunjungi saat sedang ada di Lampung. Tidak harus masakan tradisional, Lampung juga punya banyak rumah makan yang punya makanan enak dan cocok untuk persinggahan Anda saat ada di daerah ini.

Dikutip dari berbagai sumber, ini 5 tempat makan di Lampung yang bisa Anda coba untuk menikmati bakso, mie hingga nasi uduk enak!

1. Bakso Sonhaji Sony

Bakso Sony, Lampung.Bakso Sony, Lampung. Foto: Bakso Sony
Bakso Sony menjadi salah satu bakso yang terkenal di kawasan Bandar Lampung. Memiliki banyak cabang, Anda bisa mampir ke salah satu cabangnya yang berada di Jalan Wolter Monginsidi No. 42, Durian Payung, Tanjung Karang Pusat.

Dalam satu mangkuk bakso terdiri dari enam pentuk bakso dengan menggunakan campuran mie putih atau kuning. Punya rasa kuah kaldu yang gurih dengan tekstur bakso yang kenyal, membuat bakso Sony ini terkenal hingga keluar daerah.

Selain bisa dinikmati di tempat, para pemudik atau pelanggan yang berasal dari luar Lampung juga bisa membeli bakso sebagai oleh-oleh. Karena, warung Bakso Sony menyediakan bakso plus bumbunya sehingga Anda bisa meraciknya sendiri di rumah.

2. Mie Khodon

Mie tek tek a la Lampung.Mie tek tek a la Lampung. Foto: Garnesia
Mie Khodon adalah sebuah warung mie yang berada di Jalan Ikan Bawal, Teluk Betung Selatan. Dinamakan Khodon, kabarnya ini merupakan nama panggilan kakek yang dulu berjualan mie ini. Sudah ada sejak tahun 1960-an, mie khodon selalu jadi favorit.

Mirip seperti mie tek-tek, mie yang kenyal diolah dengan kuah kaldu yang agak kental dengan campuran telur, suwiran daging ayam, sayuran hingga taburan ebi yang sedap. Semakin enak dinikmati hangat-hangat plus taburan bawang goreng. Slurp!

3. Nasi Uduk Toha

Nasi uduk enak di Lampung.Nasi uduk enak di Lampung. Foto: Garnesia
Disebut-sebut sebagai nasi uduk paling enak di Bandar Lampung, warung makan ini jadi favorit banyak orang. Sudah ada sejak tahun 90-an, warung makan ini punya tempat yang nyaman untuk Anda bersantap hidangan enak bersama keluarga.

Nasi uduk bisa Anda racik dengan beragam lauk seperti telur, ayam, ati ampela atau tahu dan tempe. Jangan lupa nikmati bersama dengan sambal merah khas warung Toha dengan tambahan lalapan berupa mentimun, tomat dan emping renyah.

Jika tertarik untuk datang ke sini, langsung saja datang ke Jalan RA Kartini No. 156, Bandar Lampung.

4. Pempek 123

Pempek 123.Pempek 123. Foto: detikFood
Kalau ingin membawa oleh-oleh pempek, Anda bisa langsung mampir ke sini. Walaupun pempek terkenal di Palembang, akan tetapi di Lampung juga banyak penjual pempek yang punya rasa enak.

Tersedia berbagai jenis pempek seperti pempek kapal selam, lenjer, adaan hingga kulit. Kalau ingin membawa oleh-oleh pempek, ada dua cabang Pempek 123 di Lampung yang itu di daerah Telurbetung yang ada di Jalan Ikan Belanak No. 15A/B, Bandar Lampung dan di Tanjungkarang yang bertempat di Jalan Jend. Sudirman No. 15 A/B/C, Bandar Lampung.

5. Saung Desa

Saung Desa, Lampung.Saung Desa, Lampung. Foto: Panda Jajan
Kalau ingin mencicip makanan sambil lesehan di saung dengan pemandangan yang hijau tentu tempat ini wajib Anda singgahi. menu yang tersedia cukup beragam, mulai dari ikan bakar,aneka lalapan, tumisan sayuran hingga pindang ikan serta ayam goreng enak.

Ada juga fasilitas lain yaitu taman bermain untuk anak-anak, sehingga sangat cocok jadi tempat beristirahat sekaligus mengisi perut bersama anak-anak dan keluarga. Tertarik untuk datang, Anda bisa mampir ke restorannya yang berada di Jalan K.H. Ahmad Dahlan No. 97, Bandar Lampung. (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com