Menyimpan Wine di Bawah Laut Terbukti Membuat Rasa Wine Lebih Enak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 29 Jun 2017 10:00 WIB
Foto: Oddity Central
Jakarta - Wine makin enak usai disimpan lama. Alih-alih di ruangan, winemaker Prancis mulai berinisiatif menyimpan wine di bawah laut.

Sejak dua tahun lalu asosiasi winemaker Prancis menaruh 120 botol red, white dan rose wine di wilayah laut Mediterania. Ini merupakan bagian eksperimen untuk melihat apakah menyimpan wine dalam waktu lama (aging) di laut lebih baik dibanding teknik aging tradisional.

Anggota asosiasi "Les vins de Bandol" mengaku semakin penasaran usai pakar wine mengklaim wine yang hilang puluhan tahun di masa Perang Dunia Dua, rasanya makin enak. Mereka mendeksripsikan rasanya begitu istimewa.

Menyimpan Wine di Bawah Laut Terbukti Membuat Rasa Wine Lebih EnakFoto: Penyimpanan wine di bawah laut (Oddity Central)


Baca juga: Segera Diperkenalkan, Penyimpanan Wine di Bawah Laut

Secara teori, menyimpan wine di bawah laut memerlukan kedalaman 40 meter. Tetapi anggota asosiasi juga ingin membuktikan apakah kondisi lingkungan mempengaruhi cita rasa wine. Merekapun memutuskan menyimpan 120 botol wine pada musim panas tahun 2015 selama 1 tahun untuk uji coba rasa.

"Semua jenis wine bisa direndam dengan efek positif bertahan lama," ujar Philippe Faur-Brac, seorang pakar wine. Ia menyebut laut kedalaman 40 meter memiliki kondisi tepat untuk mengawetkan wine karena tidak ada udara. Temperaturnya juga relatif dingin dan yang paling penting konstan sepanjang tahun.

Untuk melakukan eksperimen ini "Les vins de Bandol" bekerja sama dengan France's National School of Divers, guna memastikan tiap botol wine ditangani dengan tepat. Termasuk menaruh wine di rak mirip sarang lebah.

Menyimpan Wine di Bawah Laut Terbukti Membuat Rasa Wine Lebih EnakFoto: Botol wine ditenggelamkan ke laut (Oddity Central)


Sayangnya hingga kini wine yang disimpan di bawah laut belum dijual bebas. Kalaupun dijual harganya pasti lebih mahal karena proses produksinya lebih rumit.

Baca juga: Setelah Disimpan di Bawah Laut 3 Bulan Wine Terasa Lebih Nikmat

Namun salah seorang pakar wine, Gisèle Marguin mengatakan wine 'laut' terasa enak di mulut dengan sentuhan rasa black fruit dan bahkan cokelat. Tapi ia menyimpulkan wine perlu disimpan lebih lama untuk menghasilkan rasa terbaiknya. (msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com