Macet di Lembang, Enaknya Mampir Dulu Makan Colenak dan Ketan Bakar

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 28 Jun 2017 17:10 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Lembang jadi pilihan tempat berlibur warga ibu kota dan Bandung. Bosan dengan kemacetan, mampirlah ke sini ada camilan enak.

Kalau ke Lembang, Anda bisa mencicip colenak hingga sekoteng enak untuk menghangatkan badan. Melewati Pasar Buah-buahan Lembang, di depannya ada sekitar 4 penjual warung tenda yang menjual ragam camilan khas Bandung seperti colenak, ketan bakar hingga pisang bakar.

Macet di Lembang, Enaknya Mampir Dulu Makan Colenak dan Ketan BakarFoto: Warung Ade (Detikfood)



Persis di depan Pasar Buah Lembang, salah satu warung yang bisa Anda coba adalah warung Ade. Warung Ade ini sudah mulai beroperasi sejak tahun 80-an, "Ini kami sudah generasi ke-3 sekarang," ungkap sang penjual.

Ada pisang bakar, ketan bakar dan colenak. Batok kelapa yang menjadi arangnya menghasilkan aroma yang harum, terlihat penjual sedang membakar ketan, pisang dan tape.

"Tapenya diambil seratnya, kemudian digoreng dengan margarin setekah itu baru di bakar," jelas penjual.

Macet di Lembang, Enaknya Mampir Dulu Makan Colenak dan Ketan BakarFoto: Pisang, tapi dan ketan bakar (Detikfood)


Sebagai toppingnya, gula aren dicampurkan dengan kelapa. "Jadi kelapa dibuang sarinya, kalau ada sarinya kurang enak rasanya. Diambil ampas kelapanya dan santannua dicampur untuk buat ketan, jelasnya.

Kalau hari biasa, Warung Ade bisa membuat colenak dari 2 Kg tape. Tapi kalau musim liburan seperti ini iya bisa memproduksi hingga 50 Kg untuk stok 2 minggu.

Macet di Lembang, Enaknya Mampir Dulu Makan Colenak dan Ketan BakarFoto: Ketan bakar dengan serundeng dan oncom (Detikfood)


Selain colenak, Anda juga bisa mencicip ketan bakar yang gurih empuk dengan paduan serundeng dan oncom. Kalau datang malam hari, bisa juga menikmati semangkuk sekoteng khas Sunda dengan isian kolang kaling, biji mutiara, kacang tanah goreng, kue simping hingga kerukan kelapa dan disiram dengan air susu jahe.

Kalau suka dengan pisang, jangan lupa mencicip pisang tanduk bakar dengan topping susu kental manis, meisjes dan keju. Harga seporsi pisang keju dan colenak sekitar Rp 15.000 dan ketan bakar Rp 8.000.

Macet di Lembang, Enaknya Mampir Dulu Makan Colenak dan Ketan BakarFoto: Sekoteng (Detikfood)


Kalau mau mampir, warung ini buka sekitar jam 7 pagi hingga jualannya habis. Mau mampir? (msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com