Rendang Bersisa? Ini Tips Menyimpan dan Menghangatkannya

Maya Safira - detikFood Senin, 26 Jun 2017 15:04 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta -
Rendang termasuk lauk yang tahan lama. Namun penyimpanannya harus benar. Ketahui dulu tips ini sebelum menyimpan dan memanaskan rendang.
Rendang biasanya tidak dimasak dalam jumlah sedikit. Sehingga selepas lebaran hari ke-2 ini umumnya masih bersisa. Apalagi jika makanan ini sudah disiapkan untuk jadi stok saat sedang malas memasak.
Menurut Reno Andam Suri, ahli kuliner Minang, rendang memang bisa disimpan dalam waktu lama. Meski begitu ada perbedaan masa simpan, tergantung tempat penyimpanannya.

Foto: detikfood
"Kalau dimasak dengan benar, nggak dipotong di tengah-tengah, rendang di Sumatera Barat bisa tahan suhu ruang 3-4 hari. Kadang-kadang bisa sampai 1 minggu kalau (dimasak) betul-betul kering. Lebih dari itu memang sebaiknya dimasukkan ke lemari es," ujarnya saat ditemui Detikfood beberapa waktu lalu.
Ia mengatakan penyimpanan di lemari es bisa lebih lama jika rendang dimasak kering. Bila disimpan di chiller, rendang tahan 3 bulan. Sementara di freezer 6 bulan. Simpanlah rendang dalam kantung plastik tebal atau wadah berpenutup.
"Ini rata-rata. Dan suhu serta kelembaban udara juga kasih pengaruh," tambahnya.

Foto: detikfood
Untuk memanaskannya, rendang tinggal dikeluarkan dari lemari es dan dilelehkan kembali (thawing). Lalu dipanaskan di atas kompor dengan api kecil. Bisa juga rendang kemasan dalam plastik vakum dikukus untuk menghangatkannya lagi.
"Di lemari es, bisa lama tapi kemudian jadi keras. Rendang kalau dipanasin lagi bisa semakin keras, makanya orang kadang tambahin air," ucap Reno yang punya bisnis Rendang Uni Farah.


(msa/odi)