Ini Rahasianya Bikin Sayur Gurih yang Oranye Kemerahan Cantik

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Sabtu, 24 Jun 2017 08:25 WIB
Foto: detikfood
Jakarta - Ketupat atau lontong paling pas disajikan dengan sayur gurih. Agar tampilannya merah oranye cantik, ini trik saat memasaknya.

Jika tampilan sayer gurih putih pucat tentu kurang menarik selera. Agar rasanya gurih enak dan tampilannya cantik, ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

1.Santan segar
Agar rasanya gurih dan sedikit manis, sebaiknya gunakan santan segar. Pisahkan santan kental pada perasan kelapa parut yang pertama, dengan santan encer. Gunakan santan encer untuk merebus sayuran dan bumbu. Jika sudah hampir empuk, tambahkan santan kental dan aduk-aduk hingga mendidih.

Ini Rahasianya Bikin Sayur Gurih yang Oranye Kemerahan CantikFoto: iStock

2.Cabe merah bubuk
Selain cabe merah segar, yang keriting dan besar, gunakan cabe merah bubuk. Kalau tak ingin terlalu pedas, gunakan cabe merah besar yang dikukus dan dihaluskan sebagai bumbu halus.

Saat bumbu halus ditumis, tambahkan cabe merah bubuk dan tumis hingga wangi dan minyak sedikit oranye. Selain memberi tendangan rasa pedas, cabe bubuk ini memberi warna merah oranye cantik pada sayur gurih.

Ini Rahasianya Bikin Sayur Gurih yang Oranye Kemerahan CantikFoto: iStock

3.Ebi atau udang
Untuk memperkuat rasa gurih santan, tambahkan udang kupas kecil sebagai campuran. Atau ebi yang direndam air panas dan dihaluskan. Ebi akan membuat aroma wangi udah lebih kuat dan tentu saja rasanya jadi lebih enak.

Ini Rahasianya Bikin Sayur Gurih yang Oranye Kemerahan CantikFoto: iStock

4.Merebus sayuran
Umumnya sayur gurih memakai paduan labu siam, pepaya muda, rebung, terubuk atau rebung. Jika memakai labu siam dan pepaya muda sebaiknya jangan merebus sayuran terlalu lama karena akan lonyot atau hancur. Jika sudah mendidih beberapa saat segera matikan api. Panas santan akan membuat sayuran jadi lunak. Saat dimakan masih terasa renyah dan enak. (odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com