Sajian Lezat untuk Hari Raya

Ini Caranya Bikin Serundeng Garing Gurih Pelengkap Ketupat

Maya Safira - detikFood Jumat, 23 Jun 2017 18:14 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Serundeng jadi pelengkap yang menambah kelezatan sajian ketupat. Mau tahu cara bikinnya agar garing dan harum? Ini saran dari chef hotel.

Menu lebaran makin semarak dengan kehadiran serundeng. Pemakaian kelapa parut kering dan garing ini membuat ketupat komplet semakin enak.

Baca juga: Serundeng Udang dang Serundeng Teri, Taburan Enak Buat Ketupat

Ditemui beberapa waktu lalu, Ciptoroso selaku Chef de Cuisine Mandarin Oriental Hotel Jakarta, berbagi tips membuat serundeng. Berikut beberapa diantaranya.

1. Pilih kelapa
Menurut Ciptoroso, gunakan dengan serat parutan panjang. "Kalau parutan kelapa bisa panjang, bisa pendek. Tinggal diatur. Biasanya di penjual kelapa bisa minta yang panjang," ujarnya.

Bila mau memarut sendiri, Anda bisa pilih jenis kelapa yang muda tapi agak sedikit keras teksturnya. Kupas bersih kelapa lalu bilas air sampai lendir di bagian dalam larut, tiriskan. Parutlah kelapa dengan parutan tajam arah vertikal supaya seratnya memanjang.

Ini Caranya Bikin Serunding Garing Gurih Pelengkap KetupatFoto: iStock

2. Sangrai kelapa
Ciptoroso menyarankan menyangrai kelapa tidak digabung dengan bumbu. Ia mengatakan, "Gongseng kelapa dibedain sama bumbu. Kalau digabung jadi nggak rata." Proses menyangrai tidak bisa pakai api tinggi karena harus perlahan-lahan. Sehingga memakan waktu sekitar 1 jam. Kalau kelapa sudah kering dan renyah, baru kemudian siapkan bumbu.

Ini Caranya Bikin Serunding Garing Gurih Pelengkap KetupatFoto: Wikipedia

3. Bumbu
Bumbu serundeng biasanya terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai dan daun salam. Nanti bumbu yang sudah dihaluskan akan dimasak. Kemudian diaduk bersama kelapa sangrai.

Ini Caranya Bikin Serunding Garing Gurih Pelengkap KetupatFoto: iStock

4. Penyimpanan
Setelah matang, biarkan serundeng sampai dingin dulu. Setelah benar-benar dingin baru ditaruh dalam wadah kedap udara. "Kalau langsung disimpan hangat-hangat akan keringatan. Inilah yang bikin serundeng nggak tahan lama," tambah Ciptoroso. (msa/odi)