Sajian Lezat untuk Hari Raya

Mau Bikin Sambal Goreng Hati Sapi yang Pedas Enak, Ini Tipsnya

Maya Safira - detikFood Jumat, 23 Jun 2017 11:18 WIB
Foto: detikfood
Jakarta - Terlihat mudah, membuat sambal goreng hati ternyata ada triknya. Supaya tidak amis dan rasanya gurih, garing dan pedas!

Citarasa lezat sambal goreng hati dipengaruhi oleh pilihan hati sapi/ayam dan pengolahan bumbunya. Ciptoroso, Chef de Cuisine Hotel Mandarin Oriental Jakarta, berbagi cara membuat sambal goreng hati yang enak.

Mau Bikin Sambal Goreng Hati Sapi yang Pedas Enak, Ini TipsnyaFoto: Thinkstock

Menurutnya, hati yang dipakai haruslah segar. "Pilih hati yang segar. Lihat warnanya merah. Biasanya kalau dia sudah lama jadi kebiru-biruan," ujarnya saat ditemui Detikfood beberapa waktu lalu. Selain warna yang merah, Ciptoroso mengatakan cari hati yang tidak bolong. "Biasanya kalau di pasar ada yang berlendir, bolong. Itu hati-hati, bisa ada cacing di situ," tambahnya.

Selanjutnya hati dicuci bersih lalu direbus dalam keadaan utuh. Baru kemudian hati dipotong dadu sesuai keinginan dan digoreng. Untuk bumbunya, Ciptoroso menyebut penggunaan bumbu dasar. Seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, dan cabai yang dihaluskan.

Mau Bikin Sambal Goreng Hati Sapi yang Pedas Enak, Ini TipsnyaFoto: Thinkstock

"Bumbu ditumis sampai matang. Kalau matang pasti enak. Kalau nggak matang, rasanya ada getir pahit dari cabai," ungkapnya.

Terakhir, paru dimasukkan ke dalam bumbu dan diaduk hingga rata. Bisa ditambahkan potongan dadu kentang yang sudah digoreng dan pete dalam sambal goreng hati.

Mau bikin sambal goreng hati lebaran nanti? Intip resepnya di sini! (msa/odi)