Inilah 12 Bentuk Ketupat Asli Indonesia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 22 Jun 2017 10:31 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Tak hanya bentuk wajik, masih banyak bentuk ketupat lainnya. Ada yang persegi panjang, mirip mulut bebek hingga seperti untaian rambut dikepang dua.

1. Ketupat Jago
Berasal dari Sudimoro Kudus, dibuat dari 8 helai janur. Cirinya berbentuk segitiga sama kaki dengan ujung menjuntai di kanan kiri. Helaian janur di bagian atasnya lalu diikat. Biasanya hadir di syukuran empat bulanan. Jika bayinya laki-laki, kelak ia diharapkan jago, berwatak kstaria, dan punya kedudukan tinggi.

2. Ketupat Tumpeng
Berbentuk mengerucut dengan dasar melebar. Helai janur menjuntai di bagian yang runcing.

3. Ketupat Sidalungguh
Punya 3 helai janur yang dikeluarkan dari sisiannya. Biasanya dihadirkan dalam syukuran empat bulanan sebagai simbol ditiupkanya ruh ke dalam kandungan. Sang jabang bayi lalu diberi kedudukan (sida lungguh) sebagai manusia kecil.

Inilah 12 Bentuk Ketupat Asli IndonesiaProses Menganyam Janur untuk Ketupat (Foto: iStock)

4. Ketupat Sari
Berbentuk segitiga sama sisi, hanya saja lebih kecil dibanding ketupat jago. Cirinya ada helaian keluar di sudut kanan dan kirinya.

5. Ketupat Bata
Disebut juga ketupat luwar, dibuat dari dua helai janur. Ketupat dianyam menjadi persegi panjang layaknya bentuk batu bata. Satu helaian berada di satu sudut, sementara helaian satu lagi keluar di seberang sudut tadi. Jadi simbol harapan jabang bayi lahir dengan mudah dan selamat. Juga menyimbolkan tercapainya keinginan.

6. Ketupat Debleng
Sinta atau sintok sering ditampilkan sebagai ilustrasi ketupat bentuk belah ketupat. Ujung janurnya keluar di dua sudut berseberangan. Ketupat ini menyimbolkan wanita cantik dan berbudi luhur sesuai dengan harapan anak perempuan yang akan lahir. Ketupat ini dibuat dari empat helai janur.

7. Ketupat Sidapurna
Paling unik karena berbentuk seperti huruf P terbalik atau kipas sate. Hiasannya berupa lipatan janur mirip pita di salah satu sudutnya. Sudut dibawahpun dilipat sebagai hiasan.

8. Ketupat Bebek
Jenis ini juga termasuk ketupat mungil. Bagian bawahnya sedikit membulat dengan ujungnya dibiarkan agak panjang dan miring ke atas, mirip mulut bebek.

Inilah 12 Bentuk Ketupat Asli IndonesiaSalah Satu Bentuk Ketupat Tradisional Indonesia (Foto: iStock)

9. Ketupat Geleng
Persegi panjang seperti ketupat bata. Bedanya, tak ada helaian janur menjuntai keluar di sudut manapun sehingga tampilannya tampak rapat sekali.

10. Ketupat Bagea
Bentuknya hampir bundar dengan janur menjuntai di bagian atas. Anyamannya dibuat saling menyilang, mirip kue bagea atau kuntum bunga.

11. Ketupat Pendawa
Seperti untaian rambut dikepang dua, bentuk ketupat segitiga dengan ujung berupa dua helai janur yang dikepang.

12. Ketupat Gatep
Mirip ketupat bebek, hanya saja bentuknya lebih mirip huruf D kecil.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com