Ini Profesi Terbaru: Pencicip Air Mineral atau Water Sommelier

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 06 Jun 2017 07:40 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta -
Profesi sommelier atau ahli wine sudah biasa. Tetapi di Amerika profesi serupa muncul khusus untuk air mineral!
Dikabarkan Oddity Central (5/6), Martin Riese adalah satu-satunya ahli air mineral (water sommelier) di Amerika. Seperti halnya sommelier yang mampu memberi rekomendasi wine terbaik untuk dipasangkan dengan makanan tertentu, Riese juga melakukannya, namun untuk air mineral.
Pria kelahiran Jerman ini mengaku sudah senang mencicip aneka rasa air sejak usia 4 tahun. Kala liburan keliling Eropa bersama kedua orang tuanya, hal pertama yang dicicip Riese adalah air mineral setempat. Baginya tiap air punya rasa berbeda sehingga ia tak paham mengapa banyak orang menganggap rasa air mineral sama saja.

Ini Profesi Terbaru: Pencicip Air MineralFoto: Oddity Central
Riese kemudian menyadari kemampuan istimewanya dalam mengenali perbedaan rasa air. Iapun memutuskan menjadi water sommelier di Patina Group, Los Angeles.
Profesi Riese tak main-main karena ia telah mengantongi sertifikat water sommelier profesional dari German Mineral Water Trade Association pada tahun 2010. Dua tahun kemudian, Riese pindah ke Amerika dan semakin populer.
Adapun pekerjaan water sommelier tak ubahnya wine sommelier. Riese harus mendinginkan air mineral untuk mencapai suhu tertentu dan menawarkan pelanggan aneka jenis air sambil memberi informasi tentangnya.
Selain informasi soal asal-usul air, Riese juga fokus memberi tahu kandungan TDS (Total Dissolved Solids) pada air. Indikator tersebut sebenarnya menunjukkan kandungan mineral pada air, yang mana bisa sangat rendah (10-40) hingga sangat tinggi (7000). Semakin tinggi kadar TDS pada air, semakin kuat rasanya.

Ini Profesi Terbaru: Pencicip Air Mineral atau <i/>Water Sommelier</i>Foto: Oddity Central
Sebagai contoh, VOSS adalah air mineral asal Norwegia yang dibuat dari air gletser sehingga sangat murni. Kadar TDS-nya hanya 40, hampir sama dengan air yang dimurnikan sehingga sulit mengenali profil rasanya.
Berbeda dengan air mineral Iskilde dari Denmark dengan kadar TDS mencapai 400. Profil rasanya lebih earthy dibanding VOSS. Iskilde punya rasa unik dari paduan ragam mineral.
Hingga saat ini Riese sudah mencoba setidaknya 4.000 jenis air mineral berbeda di seluruh dunia. Kiprahnya sebagai peminum air profesional dimulai sejak 2005.
Bagi yang ingin mencicip ragam air mineral di seluruh dunia sambil mendengarkan informasi dari Riese, bisa mampir ke restoran Ray's & Stark's.


(adr/odi)