Persiapan Ramadan

Masak Lebih Praktis dengan Belanja Bumbu Giling untuk Rendang Hingga Soto

Maya Safira - detikFood Kamis, 25 Mei 2017 10:14 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
FOKUS BERITA Persiapan Buka & Sahur
Jakarta - Masak untuk sajian puasa bisa lebih mudah dengan memakai bumbu giling. Bumbu ini bisa digunakan untuk membuat bakso, rendang hingga soto.

Tak usah menggiling bumbu untuk membuat masakan tentunya sangat menolong pekerjaan Anda. Apalagi ketika sedang berpuasa.

Masak Lebih Praktis dengan Belanja Bumbu Giling untuk Gulai , Rendang hingga SotoFoto: detikfood

Di pasar, biasanya ada penjual yang sudah meracik aneka bumbu basah. Seperti Bumbu Giling "Kajen" yang berlokasi tak jauh dari pintu masuk pasar Mayestik. Kajen menjual berbagai bumbu basah dan kering. Di sana terdapat sekitar 8 jenis bumbu, aneka dedaunan untuk masak, bawang putih hingga bawang merah goreng.

"Saya jual sekitar 8 jenis bumbu plus daun-daun. Bumbunya bisa dicampur-campur. Dalam satu ini (bumbu) bisa ada sekitar 25 macam bahan (rempah)," ujar Cecep, pemilik Kajen, kepada Detikfood (17/5).

Masak Lebih Praktis dengan Belanja Bumbu Giling untuk Gulai , Rendang hingga SotoFoto: detikfood

Meski gerainya mungil, terlihat ada banyak mangkuk berisi bumbu basah. Warnanya beragam, mulai dari merah, putih, krem, ataupun kuning. Memang Kajen menjual bermacam bumbu dasar.

"Di sini bumbu apa aja ada. Mereka bisa beli per masakan. Seperti ayam goreng, gulai, bakso, soto. Paling laku rendang. Semua bumbu sudah pakai garam. (Pembeli) dikasih daun juga untuk bumbu tertentu," lanjut pria yang sudah berjualan di pasar Mayestik sejak tahun 1981 itu.

Untuk pembuatannya, Cecep meracik bumbu tiap hari di rumah. Dulunya dia langsung membuat di pasar. Tapi karena tempat dipersempit jadi tidak bisa lagi digiling di sana. Ia menyampaikan,"Saya bikin sekali aja tiap hari. Jualnya sampai bumbu habis aja."

Cecep sempat berbagi tips mengenali bumbu basah yang bagus. "Lihat tampilannya, kalau dilihat segar. Sama seperti daging. Kita percaya sama mata sendiri. Kalau misalnya pakai pewarna, di wadah ga hilang bercaknya. Kalau nggak segar juga kelihatan agak hitam, nggak cerah," tuturnya.

Masak Lebih Praktis dengan Belanja Bumbu Giling untuk Gulai , Rendang hingga SotoFoto: detikfood

Mengenai harga, ada perbedaan antara pemakaian bumbu merah dan lainnya. Bumbu merah dijual Rp 15.000 per kg. Sementara bumbu kuning dan putih seharga Rp 10.000 per kg.

"Harga bumbu naik turun juga tergantung bahan baku. Misalnya cabai, bawang putih. Ini udah naik, biasanya Rp 10.000 jadi Rp 15.000," ungkap Cecep. Tentunya bumbu giling ini cocok jadi stok puasa. Karena menurut Cecep, bumbu tahan disimpan dalam freezer sekitar 3 bulan.

Yani, salah satu langganan Kajen, mengaku bumbu buatan Cecep pas rasanya untuk membuat aneka lauk. "Kalau di sini rasanya pas. Tinggal campur daging dan bumbu. Nggak usah tambah garam. Paling gula sedikit kalau mau manis. Kalau lebaran saya juga suka beli di sini. Misalnya mau bikin sop iga. Biasanya dekat lebaran ramai banget dan antrean panjang. Saya sampai sms dulu mau pesan bumbu apa saja," kata Yani yang sudah 2 tahun ini berbelanja bumbu di Kajen.

Tertarik mau beli bumbu giling? Lihat dulu video ini.


(msa/odi)
FOKUS BERITA Persiapan Buka & Sahur