Wasabi Berkhasiat Tumbuhkan Rambut 3 Kali Lebih Cepat Dibanding Obat Penumbuh

Maya Safira - detikFood Jumat, 19 Mei 2017 11:42 WIB
Foto: iStock/Wikipedia Foto: iStock/Wikipedia
Jakarta - Wasabi tidak cuma menambah sengatan pedas saat menikmati sushi. Tanaman ini diyakini bisa menumbuhkan rambut yang alami kebotakan!

Baru-baru ini Kinin, sebuah perusahaan yang memproduksi wasabi mengabarkan temuannya. Wasabi disebut bisa membuat rambut tumbuh kembali.

Menurut penilitinya, dalam daun tanaman wasabi ada senyawa kimia bernama isosaponarin. Bahan ini memiliki kemampuan membangun sel-sel papilla di kulit kepala, sebut laporan Rocketnews24 (18/5).

Wasabi Berkhasiat Tumbuhkan Rambut 3 Kali Lebih Cepat Dibanding Obat PenumbuhFoto: iStock/Wikipedia

Sel papilla yang bersentuhan dengan isosaponarin mulai merespons stimulus eksternal yang mendorong pertumbuhan rambut. Ini juga memicu perkembangan protein yang menciptakan jalur bagi nutrisi bergerak ke sel-sel papilla.

Ini mirip dengan produk penumbuh rambut di pasaran. Tapi peneliti mengatakan efek dari isosaponarin tiga kali lipat dari produk penumbuh rambut misalnya minoxidil.

Tidak hanya itu, komponen 6-MSITC dalam rimpang wasabi ternyata punya efek sama pada sel-sel papilla. Kuncinya adalah sel harus bersentuhan dengan senyawa-senyawa tersebut.

Wasabi Berkhasiat Tumbuhkan Rambut 3 Kali Lebih Cepat Dibanding Obat PenumbuhFoto: iStock/Wikipedia

Untuk mendapatkan hasilnya, wasabi tidak dimakan. Melankan dioleskan langsung ke rambut. Meski bisa menimbulkan aroma menyengat.

Tapi Rocketnews24 menambahkan bahwa hanya wasabi Jepang yang mengandung bahan aktif diatas yang punya efek itu. Apabila memakai wasabi kemasan, kandungan wasabinya perlu diatas 50 persen. Tentu wasabi segar akan memberi hasil lebih baik.

(adr/odi)
Load Komentar ...