Hmmm... Sedapnya Terasi Bangka Berbahan Udang Rebon Segar

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 13 Mei 2017 16:55 WIB
Foto: Wikipedia Foto: Wikipedia
Jakarta - Bangka Belitung terkenal dengan terasinya yang sedap. Dibuat dari udang rebon segar, terasi Bangka punya ciri aroma tajam dan rasa gurih kuat.

Selain lada putih, Bangka Belitung juga menghasilkan terasi atau belacan. Bumbu dapur ini mampu membuat makanan jadi lebih gurih dengan aroma khas menggugah selera.

Adalah Toboali, wilayah di Kabupaten Bangka Selatan yang terkenal sebagai produsen terasi. Untuk membuatnya, udang rebon segar hasil tangkapan nelayan langsung dijemur sebentar.

Hmmm... Sedapnya Terasi Bangka Berbahan Udang Rebon SegarFoto: iStock

Kemudian udang ditumbuk dan dicampur garam dalam alat bernama lesung. Hasil tumbukan kasar ini nantinya diendapkan satu hari. Setelah itu, dijemur kembali dan ditumbuk hingga halus sebelum bisa dipak.

Terasi Bangka punya ciri khas aroma yang tajam dan rasa gurihnya kuat. Kemasannya bermacam-macam seperti dibungkus plastik segi empat dan ada juga yang dibungkus bulat dengan balutan daun pisang.

Hmmm... Sedapnya Terasi Bangka Berbahan Udang Rebon SegarFoto: iStock

Teksturnya agak kasar dengan warna cokelat kemerahan hingga keunguan. Sebelum digunakan, terasi ini perlu dibakar atau disangrai agar aromanya keluar.

Terasi Bangka paling enak diolah jadi sambal seperti sambal dadak. Enak juga dijadikan bumbu tumisan atau plecing kangkung. Tak heran, terasi Bangka laris diburu wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Nah, kalau ke Bangka jangan lupa membawa pulang terasi!

(adr/odi)