Wah, Cantiknya Lukisan Latte yang Dibuat Barista Korea Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 12 Mei 2017 14:23 WIB
Foto: Lee Kang Bin Foto: Lee Kang Bin
Jakarta - Latte art yang dibuat oleh barista ini sangat unik. Dengan dua bahan, ia bisa menciptakan lukisan bunga hingga karakter 'Beauty and the Beast.'

Seni melukis latte atau 'latte art' di Korea tumbuh sangat pesat. Lee Kang Bin, seorang barista muda berbakat mulai mempelopori gerakan latte art di atas secangkir kopi dan susu.

Berkat hasil karya indahnya yang diunggah dalam Instagram ini, ia berhasil mendapatkan puluhan ribu penggemar di Instagramnya. Iapun ditunjuk menjadi juri di beberapa kompetisi latte art di seluruh dunia.

Wah, Cantiknya Lukisan <i>Latte</i> yang Dibuat Barista Korea Ini!Foto: Lee Kang Bin

Berbekal batang logam tipis dan beberapa jenis pewarna makanan, Lee Kang Bin dapat mengubah secangkir latte menjadi karya yang menakjubkan.

Inspirasi lukisan bisa datang dari mana saja. Barista ini juga membuat lukisan terkenal seperti Van Gough's "Starry Night", untuk karakter kartun. Potret terlihat rinci seperti tak terlihat dibuat dari foam susu.

"Saya ingin melampaui keterbatasan latte art tradisional dengan mengenalkan warna dan desain yang lebih luas," tutur Lee saat ditanya tentang motivasinya, seperti dikabarkan Oddity Central (11/05).

Wah, Cantiknya Lukisan <i>Latte</i> yang Dibuat Barista Korea Ini!Foto: Lee Kang Bin

"Saya pikir ini akan akan menjadi tambahan yang bagus untuk bagian art bar dari WLAC (World Latte Art Championship). Saya berharap dapat menciptakan latte art baru yang selama ini terisolasi di industri ini," tambahnya.

Latte art berbasis pewarna makanan ini biasa disebut dengan CreamArt dan telah banyak menarik perhatian, terutama dikalangan barista Korea. Banyak barista muda yang belajar dari Lee dan mengikuti kreasinya.

Selain Lee Kang Bin, ada juga barista asal New York, Amerika Serikat yaitu Michael Breach yang mencuri perhatian netizen dengan karya latte artnya. Dilaporkan Indian Express (07/05), ia menggunakan kopi sebagai kanvas, espresso serta tusuk gigi dan membuat karya lukisan pemandangan serta tokoh-tokoh penting dunia seperti Albert Einstein.

(adr/odi)
Load Komentar ...