'Avocado Hand,' Insiden Saat Potong Alpukat yang Makin Banyak Terjadi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 12 Mei 2017 12:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Jika tidak tepat, memotong alpukat bisa sebabkan kecelakaan. Seperti insiden "avocado hand." Banyak orang dilarikan ke rumah sakit karena jarinya teriris pisau.

Banyak orang mengalami kesulitan saat memotong alpukat. Bisa jadi karena kulitnya terlalu tebal atau sulit memisahkan biji alpukat dari daging buahnya. Tak ayal, kecelakaan saat memotong buah berdaging lembut ini dialami banyak orang.

The Times London (10/5) melaporkan semakin banyak operasi di rumah sakit akibat insiden "avocado hand." Mereka alami kecelakaan saat berusaha membelah alpukat jadi dua.

<i>'Avocado Hand,'</i> Insiden Saat Potong Alpukat yang Makin Banyak TerjadiFoto: alpukat

Insiden ini dianggap masalah besar sampai-sampai The British Association of Plastic, Reconstructive and Aesthetic Surgeons menyerukan agar ada label peringatan pada alpukat.

"Masyarakat tidak tahu pasti alpukat yang mereka beli belum terlalu matang dan kurang informasi tentang cara menyiapkannya," ujar Simon Eccles, juru bicara asosiasi.

Eccles menyarankan pencantuman ilustrasi alpukat dan pisau, berikut silang merah besar yang menunjukkan arah memotong alpukat yang tepat. Juga cara memotong lembaran alpukat setelahnya.

Eccles menjelaskan dirinya menangani sekitar 4 pasien per minggu akibat insiden "avocado hand." Mereka terpaksa dioperasi akibat jari atau tangannya luka saat memotong alpukat.

<i>'Avocado Hand,'</i> Insiden Saat Potong Alpukat yang Makin Banyak TerjadiFoto: Today

Adapun cara tepat memotong alpukat dirilis British Society for Surgery of the Hand. Pilih alpukat masak yang teksturnya lebih lembut. Selanjutnya, letakkan alpukat dalam posisi horizontal di atas talenan.

Dengan pisau tajam, buat sayatan lembut mengelilingi permukaan alpukat. Buat bagian atas alpukat sebagai tumpuan tangan untuk menghindari kontak langsung antara tangan dengan pisau. Usai terbelah dua, gunakan ujung pisau yang tebal untuk mencongkel biji alpukat.

(adr/odi)
Load Komentar ...