Wanita Tertua di India Ini Sukses Jadi YouTuber di Usia 106 Tahun!

Sonia Permata Basoni - detikFood Rabu, 10 Mei 2017 08:43 WIB
Foto: Panorama Foto: Panorama
Jakarta - Youtuber bukan hanya anak muda. Wanita India tertua ini masih aktif berkreasi menyalurkan hobi memasaknya melalui akun YouTube miliknya.

YouTube merupakan salah satu platform media hiburan terbesar di Internet dan dunia. Hampir semua lapisan masyarakat kini mengakses YouTube untuk menyaksikan jutaan video dari seluruh dunia.

YouTube juga dipakai para chef selebriti, foodies dan anak muda hingga balita untuk unjuk kebolehan memasak. Tutorial masak melalui video ini disukai banyak orang di dunia. Salah satu contohnya adalah Mastanamma, seorang wanita berusia 106 tahun dari Andhra Pradesh. Dijuluki sebagai YouTuber tertua di dunia.

Wanita Tertua di India Ini Sukses Jadi YouTuber di Usia 106 Tahun!Foto: Panorama

Diberitakan oleh Food NDTV (06/05/17), Mastanamma memasak hidangan tradisional India yang menakjubkan. Ia memiliki sekitar lebih dari tiga juta pengikut di kanal YouTube-nya. Nama kanalnya adalah Country Foods, dikelola oleh cucu serta temannya, Laxman Karre dan Srinath Reddy.

"Awalnya kami membuat kanal di YouTube untuk menunjukkan resep sederhana yang bisa dimasak dengan mudah. Setelah beberapa bulan kami memutuskan untuk berkunjung ke rumah keluarga Laxman dan bertemu dengan neneknya yang membuat makanan tradisional dengan terampil dan mudah, walau usianya sudah tua," tutur Srikanth.

Sejak saat itu dia Laxman memutuskan untuk membuat tiga video dengan Mastanamma menyiapkan masakan yang berbeda dan mengunggahnya di kanal mereka. Tidak disangka, video-video ini mengundang banyak respon positif dengan viewer yang tinggi. Saat itulah mereka memutuskan untuk mengajak Mastanamma berkolaborasi di kanal tersebut.

Mastanammma pun kian dikenal oleh pengguna internet yang menonton videonya, Skrikanth dan Laxman mencoba menjelaskan kepada Mastanamma namun wanita berusia lanjut itu tidak terlalu memahami apa itu YouTube dan sejenisnya.

Wanita Tertua di India Ini Sukses Jadi YouTuber di Usia 106 Tahun!Foto: Panorama

Tujuan awal kanal ini sebenarnya untuk memperkenalkan budaya India, dan mempopulerkan tradisi kuliner tradisional India. Video diambil dengan latar belakang di tengah persawahan atau di alam bebas agar penonton bisa menikmati keindahan pemandangan di India.

Sebelum membuat video, biasanya mereka akan berdisuksi dengan Mastanamma untuk memutuskan apa makanan yang akan dibuat. Mastanamma menyiapkan bahan-bahannya sebelum nantinya hasil masakan dibagikan kepada orang-orang di kampung sekitar.

Wanita Tertua di India Ini Sukses Jadi YouTuber di Usia 106 Tahun!Foto: Panorama

Dalam salah satu videonya Mastanamma mengenakan kain sari, baju tradisional India, membuat Chicken Kebab. Ia memakai tangan telanjang untuk mengaduk potongan ayam dengan bumbu rempah. Sedangkan tusukan kebab diambil dari ranting-ranting pohon yang ada di sekitar.

Video memasaknya terlihat mudah dan praktis dan mudah diikuti. Mastanamma mendapat banyak penghargaan, dan menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang. (odi/odi)