Selamat Pagi! Ini 'Cloud Eggs' yang Sedang Jadi Tren Sarapan Netizen

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 09 Mei 2017 06:46 WIB
Foto: Instagram: thomas.debrouwer
Jakarta - Sarapan identik dengan telur. Beberapa minggu ini muncul 'cloud eggs' sebagai menu sarapan baru netizen.

Jika Anda memasukkan hastag #cloudeggs di Instagram akan muncul lebih dari 400 foto cloud eggs. Media online Inggris the telegraph.uk dan the sun, kemarin (8/5) menyebutkan bahwa telur ini jadi fenomenal di media sosial. Bisa jadi ini karena orang bosan dengan omelet, telur mata sapi, telur rebus, telur dadar atau telur orak-arik untuk menu sarapan.

Selamat Pagi! Ini 'Cloud Eggs' yang Sedang Jadi Tren Sarapan NetizenFoto: Instagram: weeknightdiner

Sebenarnya sudah lama cloud eggs dikenal orang. Menurut dailymail (8/5) sajian telur ini digemari karena orang ingin tampilan baru. Terutama karena kandungan kalorinya hanya 161 kalori.

Cara pembuatannya juga mudah. Siapkan telur ayam dengan suhu ruangan. Pisahkan kuning dan putihnya. Kemudian kocok putih telur dengan nikser hingga kaku.

Jangan lupa tambahkan garam dan merica. Juga bahan lain seperti keju, cincangan daging asap atau cincangan seledri. Aduk hingga rata. Sendoki putih telur ini dan taruh di atas loyang datar, buat sedikit cekungan di tengahnya.

Selamat Pagi! Ini 'Cloud Eggs' yang Sedang Jadi Tren Sarapan NetizenFoto: Instagram: reynoldsmansion

Panggang dalam oven panas 200 C selama 5 menit. Keluarkan dari oven, masukkan kuning telur di tengah cekungan putih telur. Panggang lagi selama 2 menit. Cloud eggs siap disajikan.

Selamat Pagi! Ini 'Cloud Eggs' yang Sedang Jadi Tren Sarapan NetizenFoto: Instagram: p_for_polly

Variasi untuk sajian ini juga beragam. Ada yang disajikan dengan irisan bacon, baked beans dan roti panggang seperti menu English breakfast. Ada yang dibuat open sandwich dengan tumpukan sayuran segar di atas roti.. Juga dibuat isian burger bersama irisa tomat, lettuce dan saus burger.

Rasa putih telur yang ringan mengambang bisa jadi disukai orang. Tetapi yang menjadi alasan utama sajian telur ini jadi viral karena tampilannya instagrammable. Seperti matahari menyembul di balik awan. Selamat pagi! (odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com