ADVERTISEMENT

Mengapa Kuning Telur Berwarna Kuning Oranye Lebih Disukai?

Odilia Winneke Setiawati - detikFood
Kamis, 04 Mei 2017 06:01 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Saat menggoreng telur mungkin Anda mendapati kuning telur yang kuning pucat atau oranye menyala. Apa sebabnya warnanya beda?

Di bagian telur segar supermarket ada banyak jenis telur ayam segar. Selain telur ayam curah juga ada telur ayam kemasan per 10 butir. Ada yang rendah kolesterol, diperkaya DHA, vegetarian dan tanpa antibiotik. Selain itu ada juga telur ayam kampung dan Arab.

Mengapa Kuning Telur Berwarna Kuning Oranye  Lebih Disukai?Foto: iStock

Banyak orang mencari jenis telur segar dengan kuning telur berwarna oranye kemerahan atau jingga. Apa sebabnya kuning telur berwarna oranye jingga?

Warna kuning telur sangat ditentukan oleh pakan yang diasup oleh ayam betina. Pakannya banyak mengandung karotenoid, warna oranye yang ada dalam wortel dan ubi jalar.

Karena itu ayam betina yang banyak makan rumput, cacing dan serangga yang kaya karotenid akan punya telur dengan warna merah jingga. Umumnya telur ayam kampung asli dari ayam kampung yang dipelihara liar, bukan jenis yang dikandangkan punya kuning telur berwarna jingga.

Mengapa Kuning Telur Berwarna Kuning Oranye  Lebih Disukai?Foto: iStock

Menurut metro.uk (2/5/2017) banyak peternak yang mengakali warna oranye ini dengan memberi campuran bunga marigold pada pakannya. Tetapi dengan cara ini orang akan mendapatkan kuning telur berwarna oranye jingga meskipun alami tetapi tidak 100% asli secara nutrisi.

Tak ada bukti bahwa kuning telur berwarna kuning pucat nutrisinya lebih rendah dari yang berwarna jingga.Tetapi tetap saja jenis telur ini selalu disukai orang. Bukan alasan nutrisi tetapi kuning telur yang oranye jingga lebih cantik jika difoto atau instagrammable! (odi/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT