ADVERTISEMENT

Sajian Afternoon Tea Favorit Ratu Inggris Diterbitkan Dalam Sebuah Buku Resep

Lusiana Mustinda - detikFood
Kamis, 27 Apr 2017 13:45 WIB
Foto: Reuters
Jakarta - Resep pastry kesukaan ratu diterjemahkan dalam sebuah buku. 'Her Majesty's Recipe for Drop Scone' dibuat oleh sang chef untuk beberkan sajian kue kesukaan ratu.

Ratu Elizabeth II memang terkenal sebagai penyuka sajian dessert yang manis. Resep-resep aneka pastry dan cake kerajaan sering dihidangkan saat acara Afternoon Tea yang disajikan kepada para tamu di pesta kebun istana. Dan resep-resep ini ditampilkan dalam sebuah buku masak terbaru oleh kepala chef dari sang ratu.

Aneka sajian favorit seperti carrot cake dan Victoria sponge disajikan dalam porsi kecil ke 30.000 pengunjung yang menghadiri pertemuan tahunan Ratu setiap tahunnya. Selain itu, para pengunjung kerajaan juga bisa mencoba kreasi macarons dan cokelat serta almond biscotti yang disajikan untuk para tamu pada acara resmi.

Sajian Afternoon Tea Favorit Ratu Inggris Diterbitkan Dalam Sebuah Buku ResepFoto: Reuters
Dilansir dalam Daily Mail (19/04), 'Her Majesty's Recipe for Drop Scone' merupakan sebuah buku yang ditulis oleh chef kepala Mark Flanagan dan pastry chef Kathryn Cuthbertson.

Di dalam buku ini tercantum bahwa sang ratu pernah mengirim resep Scotch Pancake untuk mantan presiden AS, Dwight D Eisenhower pada tahun 1960. Pengiriman resep ini dilakukan sang ratu setelah Eisenhower dan istirinya berkunjung ke kediaman Balmoral milik Ratu Elizabeth II di Skotlandia dan sang ratu menyambutnya dengan drop scone buatannya.

Diantara 40 jenis roti manis dan gurih yang ada dalam buku ini salah satunya adalah cardamom dan orange shortbread, summer berry tartlets, salmon and tarragon quiche, vol au vents dengan autumnal wild mushroom dan Gateau Opera bertopping lembaran emas.

Sajian Afternoon Tea Favorit Ratu Inggris Diterbitkan Dalam Sebuah Buku ResepFoto: Reuters
Selain itu, ada juga bab yang didedikasikan untuk sejarah afternoon tea, ini dibuat untuk menghormati Anna Maria Russell, Duchess of Bedford ke-7.

Di kalangan aristokrat abad ke-19, makan malam disajikan lebih malam sehingga afternoon tea dipandang sebagai cara terbaik untuk mengisi waktu kosong antara makan siang dan makan malam dengan camilan.

Victoria sponge dipilih untuk menghormati Ratu Victoria yang disajikan saat pesta kebun kerajaan di tahun 1860-an.

Ada sekitar 27.000 cangkir teh, 20.000 sandwich dan 20.000 potongan cake dikonsumsi oleh para tamu saat pesta kebun yang diadakan oleh ratu. (ani/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT