Apakah Pelayan Restoran Pernah Memakan Sisa Makanan di Piring Tamu?

Sonia Permata - detikFood Rabu, 26 Apr 2017 12:57 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Saat makan di restoran mungkin Anda sering tinggalkan sisa makanan di piring. Apakah para pelayan pernah memakan sisa makanan tamu?

Sering kali pengunjung meninggalkan sisa makanan mereka di piring ketika berada di restoran, mulai dari sisa makanan yang sedikit hingga yang masih banyak. Bahkan kadang terlihat utuh seperti tak tersentuh.

Mungkin kita sering bertanya-tanya. Apakah para pelayan di restoran pernah menghabiskan sisa makanan dari piring tamu saat mereka di dapur? Hal ini timbulkan banyak perdebatan tentang pantas atau tidaknya memakan makanan sisa dari piring-piring tamu.

Apakah Pelayan Restoran Pernah Memakan Sisa Makanan di Piring Tamu? Foto: Getty Images
Menurut Food and Wine (19/04/17), tahun 2016 silam dalam sebuah interview dengan The Graham Norton, aktor holywood terkenal, Cris Pratt menjelaskan bahwa dia pernah berkerja sebagai pelayan di sebuah restoran di Los Angeles, Amerika.

Dia menyebutkan bahwa ada sebuah kejadian tak terlupakan ketika dia berkerja di sana. Ada pengunjung wanita lanjut usia yang memesan steak berukuran besar.

Apakah Pelayan Restoran Pernah Memakan Sisa Makanan di Piring Tamu? Foto: Getty Images
"Saya menyajikan steak pesanannya kepada wanita itu, lalu saya bersembunyi di balik konter dan menunggu seberapa banyak potongan steak yang bisa dia habiskan. Berapa banyak sisa daging steak yang bisa saya makan," cerita Chris.

Beberapa peraturan menyebutkan larangan para pelayan atau staf restoran melakukan hal seperti ini. Karena dinilai kurang profesional dan tidak etis, Namun banyak pelayan yang mengaku bahwa mereka pernah menghabiskan sisa makanan dari piring tamu.

Apakah Pelayan Restoran Pernah Memakan Sisa Makanan di Piring Tamu? Foto: Getty Images
"Saya selalu menghabiskan sisa makanan dari piring tamu, namun saya tidak akan menyentuh sisa makanan yang telah disentuh oleh tangan tamu atau digigit secara langsung. Tentu saya melakukannya ketika tidak ada manager maupun chef yang melihat," ungkap seorang mantan pelayan yang pernah berkerja di salah satu restoran di New Orleans.

Banyak pengakuan yang beragam dari orang-orang yang pernah berkerja sebagai pelayan. Meskipun begitu mereka memiliki batasannya masing-masing. (lus/odi)