Ramen Rater Rilis Daftar 10 Mie Instan Terbaik, Mana yang Paling Enak?

Maya Safira - detikFood Selasa, 25 Apr 2017 17:37 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Ramen Rater kembali mengeluarkan daftar 10 mie instan terbaik edisi 2017. Lalu negara manakah yang punya mie instan paling enak tahun ini?

Sejak tahun 2002, Hans Lienesch mencoba berbagai jenis mie instan dunia. Melalui blog The Ramen Rater, ia sudah melakukan review lebih dari 2.400 produk.


Tiap tahun, Lienesch mengeluarkan daftar The Ramen Rater's Top Ten Instant Noodles of All Time. Untuk tahun 2017, ia mencoba lebih dari 400 jenis mie instan sejak keluarnya daftar tahun 2016. Jumlah itu dianggap rekor baru dalam setahun bagi Lienesch.

Ramen Rater Rilis Daftar 10 Mie Instan Terbaik, Mana yang Paling Enak?Foto: Ramen Rater


Setelah mencoba beragam mie, urutan pertama dalam daftar ditempati oleh Prima Taste Singapore Laksa Wholegrain La Mian buatan Singapura. Ini menjadi tahun kedua bagi produk tersebut masuk ke daftar Ramen Rater secara berturut-turut. Versi regular yang bukan berbahan wholegrain sempat menduduki peringkat pertama di tahun 2013.

Menurut Ramen Rater, teksturnya kenyal yang ia suka. Sementara kuahnya ada harmonisasi pasta dan bubuk santan yang memiliki citarasa lezat sekaligus kekentalan.

MyKuali Penang Spicy Prawn Soup Noodle dari Malaysia menempati urutan berikutnya. Sedangkan Nissin Straits Kitchen/Straits Reborn Laksa asal Singapura berada di peringkat tiga.

Ramen Rater Rilis Daftar 10 Mie Instan Terbaik, Mana yang Paling Enak?Foto: Ramen Rater


Daftar Ramen Rater tahun ini kebanyakan didominasi produk mie instan kreasi Singapura dan Malaysia. Mie instan lainnya yang masuk daftar buatan dari Hong Kong, Taiwan dan Korea Selatan. Berikut daftar lengkapnya:

1. Prima Taste Singapore Laksa Wholegrain La Mian – Singapura
2. MyKuali Penang Spicy Prawn Soup Noodle – Malaysia
3. Nissin Straits Kitchen/Straits Reborn Laksa – Singapura
4. CarJEN Nyonya Curry Laksa – Malaysia
5. MyKuali Penang Red Tom Yum Goong Noodle – Malaysia
6. Prima Taste Singapore Curry Wholegrain La Mian – Singapura
7. Nyor Nyar Penang White Curry Instant Noodle – Malaysia
8. Nissin Demae Ramen Straight Noodle Black Garlic Oil Tonkotsu Flavour Instant Noodle – Hong Kong
9. Xiao Ban Mian Shallot & Scallion Oil Noodle – Taiwan
10. Paldo Budae Jigae Ramyun – Korea Selatan

Susunan produk mie instan terbaik versi Ramen Rater itu berujung mengundang reaksi netizen. Hal ini dipicu unggahan daftar mie instan oleh situs meme 9gag di Facebook. Caption tersebut berbunyi, 'Sorry Indomie, you're not the tastiest noodles anymore'. Berbagai protes pun bermunculan karena ketiadaan Indomie dalam daftar Ramen Rater.

Pada kenyataannya, Ramen Rater memang sudah lama tidak memasukkan Indomie dalam daftar ramen terbaiknya tahun 2014 hingga 2016. Indomie terakhir sempat muncul dalam daftar Top Ten Instant Noodles of All Time 2013 Edition.

Ramen Rater Rilis Daftar 10 Mie Instan Terbaik, Mana yang Paling Enak?Foto: Ramen Rater


Kala itu, Indomie Mi Goreng Rendang menempati posisi ke-3. Pada peringkat ke-5 ada Indomie Curly Noodle With Grilled Chicken Flavour Special Quality Instant Noodles.

Ramen Rater Rilis Daftar 10 Mie Instan Terbaik, Mana yang Paling Enak?Foto: Ramen Rater


Bahkan Indomie pernah menduduki peringkat pertama dan kedua pada 10 mie instan terbaik Ramen Rater tahun 2011/2012. Ramen Rater menaruh Indomie Special Fried Curly Noodles Special Quality Instant Noodles pada posisi satu, disusul Indomie Mi Goreng Rasa Ayam Panggang Jumbo. (msa/odi)