Ragam Sate Populer

Dakkochi, Sate Ayam yang Pedas Menyengat dari Korea

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 23 Apr 2017 18:57 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Ragam Sate Populer
Jakarta - Tiap negara punya sajian sate enak. Jika di Indonesia sate ayam dipadukan dengan bumbu kacang, Korea ternyata punya sajian sate ayam dengan sensasi rasa pedas.

Dakkochi merupakan sate ayam khas Korea Selatan. Sate ini banyak dijajakan di kaki lima sebagai camilan.

Dalam proses pembuatannya potongan daging ayam yang ditusuk dengan lidi direndam dengan beberapa campuran bumbu. Ada bawang bombay, merica bubuk, brown sugar dan juga jahe.

Dakkochi, Sate Ayam yang Pedas Menyengat dari KoreaFoto: iStock

Yang membedakan sate Korea dengan sate yang lainnya adalah penggunakan pir sebagai campuran bumbu. Pir yang digynakan adalah pir Asia yang berukuran besar. Dibandingkan dengan pir dari negara Barat, pir jenis ini lebih banyak memiliki kandungan air yang lebih banyak.

Pir yang manis menentukan rasa enaknya sate. dalam masakan Asia, mereka sering dihaluskan untuk proses pembuatan bumbu saus sebagai pemanis. Buah pir mengandung vitamin C dan juga serat.

Dakkochi, Sate Ayam yang Pedas Menyengat dari KoreaFoto: iStock

Marinasi bumbu ini dilakukan sekitar 45 menit agar bumbunya meresap. Selama proses marinsi daging ayam bisa disimpan dalam kulkas. Sate dibakar hingga kecokelatan.

Selain dijadikan sebagai camilan, sate ayam juga enak dinikmati bersama dengan nasi hangat dan juga bumbu gochujang sehingga menghasilkan citarasa yang pedas sedikit manis. Lengkapi dengan kimchi agar makin sedap. Hmm, enak!

(adr/odi)
FOKUS BERITA Ragam Sate Populer
Load Komentar ...