Ragam Sate Populer

Potongan Daging yang Ditusuk dan Dibakar Ini Jadi Favorit Banyak Orang

Maya Safira - detikFood Selasa, 18 Apr 2017 14:07 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Ragam Sate Populer
Jakarta - Sate jadi makanan favorit banyak orang. Tak lain karena kelezatan rasanya. Paduan daging bakar aromatik dengan aneka bumbu yang mengundang selera.

Sate terbuat dari potongan daging yang umumnya ditusuk ke lidi bambu. Bahannya bisa berupa ayam, kambing, sapi hingga tempe. Kemudian dibakar di atas bara arang.

Jawa banyak disebut-sebut sebagai asal sate. Konon orang di sana mengenal sate melalui pendatang Arab, Muslim Tamil dan yang membawa kebab sekitar awal abad ke-19. Itulah mengapa banyak jenis sate ditemui di Jawa.

Potongan Daging yang Ditusuk dan Dibakar Ini Jadi Favorit Banyak OrangFoto: iStock


Sate di Indonesia memang cukup beragam. Mulai dari sate kambing khas Tegal, sate Ponorogo, sate Madura, sate Blora, sate Padang, sate buntel, sate maranggi hingga sate lilit. Perbedaan bisa terletakan pada bahan, bumbu ataupun cara pengolahannya.

Jenis sate yang paling populer di Indonesia memakai bumbu kacang dan kecap. Menghasilkan citarasa gurih sekaligus legit.

Potongan Daging yang Ditusuk dan Dibakar Ini Jadi Favorit Banyak OrangFoto: Detikfood


Tapi kini ada jenis sate lain yang menjadi tren. Sate taichan sekarang cukup banyak diperdagangkan di Jakarta dan sekitarnya.

Sate ayam terlihat putih polos tanpa bumbu kacang. Pendampingnya hanyalah saus sambal yang membuat citarasanya pedas segar.

Selain di Indonesia, makanan serupa sate juga dikenal negara lain. Khususnya kawasan Asia. Misalnya saja yakitori dari Jepang, dakkochi asal Korea, dan shashlik buatan Timur Tengah.

Potongan Daging yang Ditusuk dan Dibakar Ini Jadi Favorit Banyak OrangFoto: iStock


Dalam ulasan kali ini, Detikfood akan membahas lebih banyak mengenai sate populer di Indonesia dan sajian mirip sate asal mancanegara. Selain itu ada juga referensi tempat makan hingga tips membuat sate populer yang enak. Ikuti terus pembahasannya di Detikfood. (msa/odi)
FOKUS BERITA Ragam Sate Populer
Load Komentar ...