Jadi Barang Langka, Harga Keripik Kentang di Jepang Naik 6 Kali Lipat!

Annisa Trimirasti - detikFood Sabtu, 15 Apr 2017 17:10 WIB
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Panen kentang gagal karena diterjang topan. Produsen keripik kentangpun berhenti berproduksi. Keripik kentang dilelang 6 kali lipat harga normal.

Calbee, produsen penguasa 73% pangsa pasar keripik kentang di Jepang, terpaksa berhenti menjual 33 produknya pada akhir April mendatang. Ini karena mereka kekurangan pasokan kentang. Selain Calbee, produsen kentang lain, Koike-Ya juga berhenti memasarkan 16 merknya.

Penghentian penjualan dua produsen besar tersebut akibat buruknya panen kentang di Hokkaido. Wilayah tersebut dilanda topan dan banjir pada Agustus lalu. Sayangnya, Hokkaido adalah pemasok 80% kentang di Jepang.

Jadi Barang Langka, Harga Keripik Kentang di Jepang Naik 6 Kali Lipat!Foto: Getty Images


Akibatnya pengiriman panen kentang tahun lalu turun 10% dibanding 2015, lapor kantor Kementerian Pertanian Jepang di Hokkaido. Bencana terburuk dalam catatan 100 tahun terakhir di Hokkaido ini bukan hanya merusak panen kentang, namun juga labu dan wortel.

Mendengar berita dihentikannya penjualan keripik kentang, penduduk Jepang langsung menyerbu supermarket untuk menimbun keripik favorit mereka. Bahkan keripik kentang Calbee rasa pizza dilelang di website Yahoo Japan seharga 1250 yen (Rp. 153.000) saat harga normalnya hanya 200 yen (Rp. 24.400).

Jadi Barang Langka, Harga Keripik Kentang di Jepang Naik 6 Kali Lipat!Foto: Twitter


Mengatasi langkanya produk, juru bicara Calbee Tokyo, Rie Makuuchi mengatakan Calbee akan mempertimbangkan impor kentang dari Amerika. Juga meminta petani kentang di Kyushu, wilayah pemasok kentang lain, untuk memanen lebih awal dari yang dijadwalkan.

"Kami melakukan segala yang kami bisa untuk mengembalikan penjualan," ujar Rie dikutip dari Russia Today (14/4/17).

Sedangkan menurut juru bicara Koike-Ya, Kazuya Obata, perusahaan hanya akan mempertimbangkan kentang pasokan dari Kyushu. Karena mereka tidak menggunakan kentang selain produk dalam negeri. (msa/odi)
Load Komentar ...