Balon Air yang Bisa Dimakan Ini akan Jadi Pengganti Botol Plastik?

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 13 Apr 2017 07:12 WIB
Foto: Skipping Rock Labs
Jakarta - Botol plastik untuk kemasan air minum jadi problem lingkungan. Kini peneliti temukan kemasan berupa balon yang aman dimakan.

Konsumsi air merupakan kebutuhan pokok manusia. Berfungsi untuk hidrasi tubuh agar metabolisme berjalan lancar. Seiring dengan kebutuhan manusia akan air kemasan, ada juga problem lingkungan.

Saat ini air minum dikemas dalam botol plastik atau kaca yang menciptakan problem lingkungan. Berupa sampah dan limbah yang tak dapat diolah dengan baik dan mencemari bumi.

Balon Air yang Bisa Dimakan akan Jadi Pengganti Botol Plastik?Foto: Skipping Rock Labs

Para peneliti di Skipping Rocks Lab di UK mengembangkan 'edible water ballooons' atau balon air yang bisa dimakan. Kemasan balon ini menjadi pengganti botol plastik untuk air minum.

Balon ini diberi nama 'The Ooho', berupa bola yang diisi air minum. Jika dimasukkan ke dalam mulut seluruhnya akan pecah dan terasa seperti minum seteguh air. Balon memakai bahan dari algae atau rumput laut yang bisa dimakan dan ramah lingkingan. Kemasan ini lebih murah harganya dari plastik. Bagian dalamnya diisi air, minuman ringan, spirits dan bahkan kosmetik.

Balon Air yang Bisa Dimakan akan Jadi Pengganti Botol Plastik?Foto: Skipping Rock Labs

Menurut crowdfunding (12/4), balón air sudah terisi air dan tidak perlu dikemas lagi atau bungkus plastik. Cara konsumsi Ooho cukup mudah, bisa dilubangi dan dihirup airnya atau langsung dimasukkan seluruhnya ke dalam mulut dan dimakan kemasannya.

'The Ooho' soap dipasarkan secara luas di acara festival, maraton dalam 12 bulan ke depan, lapor delish (12/4). Belum diketahui harga jual balon air yang siap dipasarkan ini.


(odi/odi)