Penumpang yang Alergi Harus Bawa Makanan Sendiri Jika Naik Pesawat Ini

Annisa Trimirasti - detikFood Senin, 10 Apr 2017 11:30 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Makanan dalam penerbangan penting untuk kenyamanan. Seorang penumpang Air NZ marah ketika diharuskan bawa makanan sendiri karena alergi.

Seorang wanita dari Whangarei, Selandia Baru cemas tentang penerbangannya dengan Air New Zealand. Pasalnya maskapai ini tidak dapat memenuhi kebutuhan khusus makanannya, lapor NZ Herald (10/4/17).

Sally McGunnigle menyebutkan Air NZ memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhannya hanya setelah dia protes.

Sally mengatakan ia telah memberitahu Air NZ tentang kebutuhannya akan sajian bebas produk susu dan bebas gluten beberapa bulan sebelum ia dan 3 anggota keluarganya terbang untuk perjalanan jauh.

Penumpang yang Alergi Harus Bawa Makanan Sendiri Jika Naik Pesawat IniFoto: Getty Images
"Saya disarankan bahwa pilihan menu Hindu menggunakan produk susu dan pilihan menu Oriental menggunakan gluten, jadi saya tidak bisa memesan keduanya," ujar McGunnigle. McGunnigle juga mengatakan ia tidak bisa memilih buah karena masalah pencernaannya.

Kemudian McGunnigle mengklaim dia diminta oleh maskapai untuk membawa makanannya sendiri. Selama sajian memenuhi persyaratan penerbangan dan tidak butuh dipanaskan atau didinginkan.

McGunnigle terkejut karena ia membayar mahal untuk penerbangan tersebut termasuk hidangan selama penerbangan. Ia tidak menyangka akan diminta untuk membawa makanan sendiri.

Tapi Air NZ mengatakan mereka telah berusaha keras untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan kebutuhan diet khusus.

Penumpang yang Alergi Harus Bawa Makanan Sendiri Jika Naik Pesawat IniFoto: Getty Images
"Makanan ini disediakan oleh katering penerbangan yang menyiapkan makanan untuk berbagai maskapai di berbagai bandara di jaringan global kami. Sehingga perlu bagi kami untuk menyediakan berbagai pilihan makanan, yang kami harap dapat memenuhi berbagai kebutuhan diet penumpang," ujar juru bicara Air NZ

"Air NZ melakukan yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan diet khusus. Dalam kasus Ms McGunnigle, ini termasuk permintaan hidangan vegan bebas gluten yang akan tersedia untuk perjalanannya mendatang." lanjut juru bicara Air NZ.

Setelah itu, McGunnigle memberi konfirmasi bahwa maskapai kadang menyarankan orang membawa makanan sendiri untuk menyesuaikan kebutuhan akan budaya atau kesehatan jika mereka tidak dapat menyediakannya.

Penumpang yang Alergi Harus Bawa Makanan Sendiri Jika Naik Pesawat IniFoto: Thinkstock
Sekarang, McGunnigle senang Air NZ telah memesan hidangan spesial untuknya. "Ya, Air NZ seharusnya diberi selamat untuk memecahkan masalah saya." ujar McGunnigle.

Kebutuhan spesifik akan hidangan perjalanan jarak jauh semakin meningkat seiring semakin banyak orang sadar akan alergi. Sajian yang mereka inginkan menjadi lebih mudah diakses.

Sean Berenson dari Flight Centre mengatakan maskapai penerbangan telah membuat kemajuan besar dalam hal ini. Beberapa diantaranya mempekerjakan gourmet chef untuk merancang menu mereka .

Oleh karena itu, Mr Berenson mengatakan penting untuk memberitahu saat memesan penerbangan. Dengan cara itu penumpang bisa mendapatkan apa yang ada inginkan. (ani/odi)