Ini Dia Trik Mengupas dan Memotong Nanas yang Cepat

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 04 Apr 2017 18:45 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Suka dengan nanas tapi tak mau repot mengupasnya? Coba saja dengan cara ini. Beberapa trik ini bisa membantu Anda.

Nanas menjadi buah tropis yang memiliki manfaat kesehatan. Nanas mengandung senyawa tertentu yang dapat memperbaiki sistem pernafasan, mengobati batuk dan flu, tingkatkan kesehatan sistem pencernaan hingga membantu turunkan berat badan.

Dalam 100 gr nanas mengandung energi sebesar 40 Kkal, protein 0,6 gr, lemak 0,3 gr dan karbohidrat sebesar 9,9 gr. Selain itu, kandungan vitamin C yang terkandung dalam nanas sebesar 22 mg dan serat 0,6 gr.

Ini Dia Trik Mengupas dan Memotong Nanas yang CepatFoto: iStock
Akan tetapi sering kali Anda merasa kesulitan untuk mengupasnya. Ini dikarenakan pada kulit nanas terdapat banyak 'mata' yang bisa saja membuat lidah gatal saat tak dibersihkan dengan tepat.

Nanas paling enak dimakan segar ataupun dijus. Nanas yang rasanya manis memiliki aroma yang cukup kuat. Selain itu juga warna nanas kuning, tidak hijau dan ada semburat rona emas di bagian bawahnya.

Nanas dikatakan baik kualitasnya jika teksturnya tidak lembek dan ketika Anda menarik daunnya dapat ditarik dengan mudah.

Ini Dia Trik Mengupas dan Memotong Nanas yang CepatFoto: iStock
Dilansir dalam NDTV (03/04) cara mudah untuk mengupas nanas adalah dengan membaringkan nanas pada bagian sisinya di atas talenan. Kemudian memotong bagian mahkota dan batang nanas dengan pisau uang tajam.

Setelah itu, Anda bisa dirikan nanas pada salah satu ujungnya dan irisan kulit yang berada disamping nanas. Potonglah setipis mungkin, hal ini dilakukan agar daging yang tersisa lebih banyak dan juga bagian paling manis dari nanas terdapat di bagian terluar.

Ini Dia Trik Mengupas dan Memotong Nanas yang CepatFoto: iStock
Saat membuang bintik mata, potong dengan pisau berbentuk V di sepanjang diagonal akan membuang setiap set bintik 'mata'. Dengan cara ini waktu yang digunakan untuk membersihkannya bisa dilakukan dengan cepat.

Setelah bersih, Anda dapat memotongnya sesuai selera dan menikmatinya dalam keadaan segar, jus ataupun untuk dibuat menjadi selai. (lus/odi)