Begini Trik Membuat Steak Empuk Juicy Menurut Anthony Bourdain

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Selasa, 04 Apr 2017 11:03 WIB
Foto: iStock/Detikfood
Jakarta - Celebrity chef Anthony Bourdain punya trik agar steak empuk dan enak. Triknya sederhana sehingga mudah diikuti siapapun.

Steak buatan sendiri sering kali alot atau kurang juicy. Salah satu penyebab utamanya adalah cara mengolah daging yang kurang tepat.

Dikutip dari Delish (30/3), Anthony mengatakan sukses atau gagalnya membuat steak ditentukan dari waktu krusial saat memindahkan steak dari panggangan ke talenan. "Daging seharusnya diistirahatkan di atas talenan selama 5-7 menit. Selama durasi itu, jauhi daging, jangan diapa-apakan," ujarnya.

Begini Trik Membuat Steak Empuk <i>Juicy</i> Menurut Anthony BourdainFoto: Eater

Menurut pembawa acara Parts Unknown ini, selama waktu tersebut daging sebenarnya masih 'dimasak.' Proses pengistirahatan memungkinkan jus di dalam daging tersebar rata.

"Itulah sebabnya saat Anda memotong daging terlalu cepat akan nampak bulatan merah di tengah daging. Bukan pola seharusnya yaitu gradasi lembut dari warna merah ke pink menuju bagian pinggir daging" jelas Anthony.

Begini Trik Membuat Steak Empuk <i>Juicy</i> Menurut Anthony BourdainFoto: Getty Images/The Epoch Times/Eater

Ia menambahkan, "Semua perbedaan di dunia antara steak enak dan tidak hanya bergantung pada waktu tersebut. Dimana Anda tidak perlu melakukan apapun, hanya membiarkan daging di atas talenan."

Anthony juga menekankan daging tidak perlu ditutup aluminium foil atau ditepuk-tepuk. "Tak perlu juga dilihat. Tinggalkan saja selama 5-7 menit dan Anda akan mendapat steak empuk juicy," pungkas Anthony.

(adr/odi)