Peneliti Sebut Resep dalam Buku Masak Gwyneth Paltrow Bisa Picu Keracunan Makanan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 02 Apr 2017 17:09 WIB
Foto: D Dipasupil/Getty Images
Jakarta - Resep ayam panggang Gwyneth Paltrow dalam buku masaknya disorot peneliti. Suhu pengolahan ayam dianggap tidak jelas sehingga bisa picu keracunan makanan.

Tahun 2011 Gwyneth Paltrow meluncurkan buku masak 'My Father's Daughter.' Salah satu resep yang dimuat adalah Roast Chicken Rotisserie-Style. Sayangnya resep ini mendapat sorotan para peneliti.

Dikutip dari Independent (31/3), resep kabarnya tidak mencantumkan suhu akhir pengolahan daging ayam. Sehingga membuat pembaca berisiko terkena salmonella dan campylobacter ketika mencobanya.

Kepada The Sun (31/3), Professor Ben Chapman mengatakan seharusnya resep mencantumkan suhu akhir daging ayam mencapai minimal 74C agar kedua bakteri tersebut mati dan aman dikonsumsi.

Peneliti Sebut Resep dalam Buku Masak Gwyneth Paltrow Bisa Picu Keracunan MakananFoto: The Sun

"Buku resep hanya mencantumkan suhu saat masak dan seberapa lama memasaknya. Itu informasi yang bagus tetapi tidak ada informasi suhu minimal pada olahan daging ayam," tuturnya.

Buku masak Paltrow bukanlah satu-satunya yang mendapat sorotan. Peneliti menganalisa 29 buku masak dan menemukan kurang dari 9% buku tersebut mencantumkan informasi suhu mengolah makanan yang dianjurkan sebelum dikonsumsi.

Selain 'My Father's Daughter,' buku resep Paltrow yang berjudul 'It's All Good' juga mendapat sorotan karena merekomendasikan mencuci daging ayam. Padahal menurut UK Food Standards Agency, daging ayam sebaiknya tidak dicuci karena bisa meningkatkan risiko tercemar campylobacter yang sebabkan keracunan makanan.

Adalah peneliti di North Carolina State University yang melakukan studi ini. Hasilnya hanya 89 dari 1.497 resep yang diteliti memberi instruksi cukup untuk membantu pembaca terhindar dari risiko keracunan saat mencoba resep tersebut. Sebanyak 34 resep bahkan memberi tips masak yang tidak aman.

Peneliti Sebut Resep dalam Buku Masak Gwyneth Paltrow Bisa Picu Keracunan MakananFoto: The Sun

Penelitian ini dipublikasikan dalam British Food Journal. Meski buku masak 'My Father's Daughter' tidak dimasukkan dalam penelitian utama, Professor Ben Chapman menyebut secaranya terpisah.

Sementara itu juru bicara Paltrow mengakui resep memang tidak mencantumkan suhu akhir yang seharusnya. Tetapi ia beralasan petunjuk dalam resep sudah mengarahkan pada waktu masak yang cukup untuk mengolah daging ayam.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com