Wow! Semangka di Jepang Ini Dijual dengan Harga 336 Juta Rupiah

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 29 Mar 2017 10:51 WIB
Foto: Metro/CNN
Jakarta - Jepang terkenal dengan semangka berbentuk kotak. Buah manis kaya air ini ternyata dijual dengan harga fantastis hingga ratusan juta rupiah!

Baru-baru ini popularitas superfoods seperti Yuzu dan Kale masuk dalam kategori 'super fruit' dan bahkan berhasil masuk ke dalam Oxford English Dictionary tahun ini.

Bagi pecinta buah, menikmati semangka dengan bentuk unik tentu jadi hal yang sangat menyenangkan. Desainer asal Jepang ini berhasil merancang buah semangka berharga fantastis sekitar £ 20.000 atau 336 juta rupiah. Ini masuk dalam kategori buah termahal di dunia.

Didirikan pada tahun1834, Sembikkya yang merupakan toko buah dan sayur tertua di Jepang. Sembikkya terkenal karena memiliki buah berbentuk aneh, salah satunya adalah dengan menjual semangka berbentu hati, anggur berbentuk sebesar bola ping pong dan buah strawberry sebesar bola tenis hampir 200 tahun.

Wow! Semangka di Jepang Ini Dijual dengan Harga 336 Juta RupiahFoto: Metro/CNN
Buah menjadi salah satu komoditas bisnis besar di Jepang. Petani mengabiskan banyak waktu untuk mencipatakan buah dengan ukuran besar dan berbentuk aneh. Nantinya, aneka buah-buahan ini akan dijual kepada konsumen dengan harga yang tinggi.

"Sulit untuk mendapatkan bentuk strawberry yang sempurna. Bentuknya kadang-kadang bisa berubah seperti bola," ujar pemilik toko Okuda Nichio kepada CNN.

Wow! Semangka di Jepang Ini Dijual dengan Harga 336 Juta RupiahFoto: Metro/CNN
Setiap strawberry hanya tumbuh selama 45 hari di peternakan milk Nichio. Ia hanya menjual 500 strawberry berbentuk bola tenis setiap tahunnya dan dijual dengan harga 500.000 yen atau sekitar 59 juta rupiah.

"Saya memerlukan waktu sekitar 15 tahun untuk mencapai tingkat kesempurnaan," jelas Nichio dalam Metro (26/03).

Jepang menjadi rumah bagi beberapa jenis buah termahal di dunia. "Buah diperlakukan berbeda dalam budaya Asia. Selain itu, buah dianggap barang mewah dan juga menjadi bagian ritual penting dalam praktek pemberian hadiah di Jepang," jelas Soyeon Shim dari University of Wisconsin Madison's School of Human Ecology.

Tidak hanya semangka, buah anggur juga menjadi salah satu yang paling populer di Toko Nichio. Buah ini bernama 'Ruby Roman', dengan ukuran sebesar bola ping pong.

Wow! Semangka di Jepang Ini Dijual dengan Harga 336 Juta RupiahFoto: Metro/CNN
Menurut Hirano Keisuke, juru bicara Ruby Roman mengatakan bahwa buah anggur jenis ini pertama kali dijual pada tahun 2008. Ditanam untuk mengisi celah pasar buah mewah sebagai pilihan untuk pemberian hadiah. Anggur ini dijual dengan harga 100.000 yen atau sekitar 11 juta rupiah. Ruby Roman hanya menjual 2.400 ikat per tahunnya.

"Dalam beberapa hal, ini layaknya seperti cokelat mewah. Memberikannya sebagai hadiah menyampaikan status dan memberi perhatian kepada orang lain," tutur Cecilia Smith Fujishima, seorang dosen dari Shirayuri University di Tokyo. (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com