Usai Ibadah Minggu, Gereja di Belgia Ini 'Disulap' Jadi Bar

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 19 Mar 2017 12:05 WIB
Foto: Oddity Central/iStock Foto: Oddity Central/iStock
Jakarta - Gereja di desa Brielen, Belgia punya fungsi lain selain tempat ibadah. Tiap hari Minggu, gereja juga diperuntukkan sebagai bar!

Brielen adalah desa kecil di Belgia dengan penduduk hanya 700 jiwa. Mayoritas warga di sana menganut agama Kristen Protestan. Usai ibadah Minggu, biasanya mereka menikmati bir.

Sayangnya satu-satunya bar yang tersisa di Brielen terpaksa tutup. Pendeta setempat tak kehabisan akal. Mereka justru mempertahankan tradisi ini dengan menyulap gereja sebagai bar usai ibadah Minggu.

Usai Ibadah Minggu, Gereja di Belgia Ini 'Disulap' Jadi BarFoto: iStock

Meski minuman alkohol identik dengan hal negatif, pendeta di Brielen rupanya punya pandangan berbeda. Baginya ini adalah kesempatan untuk berbuat hal baik bagi jemaahnya, sekaligus upaya menarik lebih banyak orang datang ke gereja.

Usai mengantongi izin pemerintah setempat, pendeta mengumumkan tiap Minggu usai perjamuan Kudus, jemaah bisa menggunakan gereja sebagai bar. Mereka boleh minum bir sesukanya seperti kebiasaan sebelumnya.

Tampilan gereja juga sedikit disulap. Bangku kayu dan meja dilapisi taplak putih sehingga jemaah gereja merasa sedang di bar tua.

Usai Ibadah Minggu, Gereja di Belgia Ini 'Disulap' Jadi BarFoto: Oddity Central/iStock

Meski begitu, ada sejumlah aturan di bar gereja ini. Yang paling penting adalah pengunjung harus ikut ibadah dulu sebelum bisa masuk ke dalam bar.

Selain itu, tak boleh ada musik atau tarian agar gereja tetap bebas dari hal-hal negatif. Pengunjung juga harus sudah meninggalkan gereja sebelum jam 1 siang waktu setempat.

Pemberlakuan durasi ini dianggap pas karena memungkinkan mereka banyak minum bir namun tidak sampai mabuk.

(adr/odi)
Load Komentar ...