Gurih Renyah Keripik Umbi

Dari Tiga Jenis Stik Kentang Ini, Mana yang Paling Enak?

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 15 Mar 2017 19:23 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Camilan kentang tidak selalu berbentuk bulat tipis. Ada juga keripik kentang yang dibuat dalam bentuk stik dengan cocolan saus tomat.

Camilan kentang selalu punya banyak peminat. Di pasaran, keripik kentang banyak dijual dalam bentuk bulat tipis dan keripik kentang berbentuk stik. Kali ini detikFood akan membandingkan tiga jenis keripik kentang stik yang sering ditemukan di pasaran.

Stik kentang ini terbuat dari pati kentang dengan campuran gula, garam hingga bubuk bawang putih. Sedangkan saus tomatnya rata-rata terbuat dari campuran cabai merah, pasta tomat, cuka hingga penguat rasa.

Pilihan rasa original khas kentang goreng yang gurih jadi pilihan kami. Meski rasanya sama, akan tetapi citarasa dari jenis stik kentang pun berbeda-beda. Mulai dari tingkat kerenyahan hingga intensitas rasa gurihnya.

Kami membandingkan tiga jenis stik kentang rasa original dari merek yaitu stik kentang A, B dan C.

Dari Tiga Jenis Stik Kentang Ini, Mana yang Paling Enak?Foto: detikFood


Stik kentang A dengan kemasan berwarna merah, stik kentang berwarna putih agak sedikit kuning. Stik berongga ini punya tekstur yang renyah lembut dengan rasa yang tidak terlalu asin. Sepertinya rasa asinnya tidak terlalu kuat karena dalam komposisi bumbunya hanya ditambahkan garam dan gula.

Saus tomatnya berukuran agak kecil dengan warna merah. Saat dicocol, terasa sedikit asam dan manis dengan tekstur agak kental.

Dari Tiga Jenis Stik Kentang Ini, Mana yang Paling Enak?Foto: detikFood


Sedangkan, stik kentang merk B dengan warna kemasan merah ini sama-sama punya bentuk yang sama dengan merk A. Akan tetapi penampakan warnanya lebih putih dengan tekstur renyah. Jika dibandingkan dengan stik kentang merk A, menurut kami stik kentang B punya citarasa yang sangat gurih dengan semburat rasa kentang enak.

Akan tetapi, sausnya berwarna merah bata dan sedikit agak encer. Kress!

Dari Tiga Jenis Stik Kentang Ini, Mana yang Paling Enak?Foto: detikFood


Dan yang ketiga, stik kentang dengan kemasan yang juga berwarna merah ini agak sedikit berbeda. Tidak berongga, stik kentang yang satu ini justru berbentuk seperti tongkat.

Saat dicicip, teksturnya agak keras tapi renyah. Rasa gurihnya juga terlalu kuat. Akan tetapi bagi Anda yang suka dengan rasa asin, stik kentang asal Jepang ini bisa jadi pilihan Anda. Saus tomatnya memiliki citarasa asam manis yang cocok jadi penyeimbang rasa gurih stik kentang.

Dari ketiganya, detikFood paling menyukai stik kentang merek B dan C. Karena teksturnya garing dan rasanya gurih tentu enak jadi teman ngemil. (msa/odi)
Load Komentar ...