Peneliti Sebut Kentang Akan Bisa Ditanam di Planet Mars

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 13 Mar 2017 07:06 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Lingkungan ekstrem planet mars menantang para peneliti. Kini mereka menemukan kemungkinan kentang bisa tumbuh di planet mars.

Peneliti melakukan pendekatan baru dengan menciptakan kondisi persis planet mars. Mereka mencoba menanam umbi kentang dengan kondisi tersebut. Sebelumnya benih lettuce merah yang ditanam di luar angkas sudah bisa dipanen, tahun lalu.

Peneliti Sebut Kentang Akan Bisa Ditanam di Planet Mars Foto: Ilustrasi: Suteja Angkasa

Karenanya penelitian ini bukan hal baru. Mereka menemukan bahwa penelitian dengan kentang ini yang paling akurat. The Interbational Potato Center di Peru menaruh tabung keras di dalam CubeStat, lapor huffington post (09/5/2017).


Satelit yang dirancang dengan kondisi temparatur, tekanan udara, oksigen dan CO2 seperti di planet mars. 'Menumbuhkan tanaman dengan kondisi seperti di planet mars merupakan fase terpenting dalam eksperimen ini.' Demikian penjelasan Julio Valdivia-Silva, sebuah riset yang berasosiasi dengan SETI Institute.

Jika tanaman bisa bertoleransi dengan kondisi ekstrem yang dipaparkan pada mereka di CubeStat, maka kentang bisa tumbuh di planet mars. Mereka ingin memantau kondisi minimum yang diperlukan kentang untuk bisa bertahan hidup.

Peneliti Sebut Kentang Akan Bisa Ditanam di Planet Mars Foto: iStock

Peneliti kini berencana melakukan beberapa eksperimen untuk menemukan varietas kentang apa yang terbaik dengan kondisi tersebut. Kentang merupakan tanaman yang menghasilkan lebih banyak kalori per luas lahan dibandingkan tanaman lain.

Umbi ini juga bisa jadi sumber makanan di daerah yang kurang subur dengan perubahan iklim ekstrim. Karenanya peneliti tertarik mencoba menanam kentang di planet mars. (odi/odi)
Load Komentar ...