Dalai Lama Sarankan Minum Susu Kuda untuk Atasi Kecanduan Alkohol

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 09 Mar 2017 11:14 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Saat ke Mongolia, Dalai Lama melihat warga setempat minum banyak vodka. Agar mereka lepas dari kecanduan alkohol, Dalai Lama sarankan minum susu kuda.

Dikabarkan Munchies Vice (8/3), Dalai Lama baru saja tampil di acara Last Week Tonight bersama John Oliver. Tokoh agama dan politik Tibet ini bercerita saat berkunjung ke Mongolia ia melihat warga setempat terbiasa minum vodka.

Guna mengatasi masalah alkoholisme di sana, Dalai Lama menyarankan cara mudah dan unik berupa anjuran minum lebih banyak susu kuda. Sebelumnya susu ini memang dikonsumsi secara tradisional oleh warga setempat.

Dalai Lama Sarankan Minum Susu Kuda untuk Atasi Kecanduan AlkoholFoto: iStock

"Dan ya. Mereka (warga Mongolia) mengikutinya. Sejak saat itu, saya rasa mayoritas warga Mongolia tidak lagi minum vodka," ujarnya pada Oliver.

Susu kuda disebut-sebut punya banyak manfaat kesehatan seperti obat tuberkulosis, hepatitis dan maag kronis. Susu ini juga punya kandungan laktosa mirip susu sapi.

Dalai Lama Sarankan Minum Susu Kuda untuk Atasi Kecanduan AlkoholFoto: iStock

Menengok sejarah dan budaya di Mongolia, kuda dianggap sebagai bagian penting. Susu kuda difermentasi menjadi minuman rendah alkohol bernama airag di Mongolia dan kumis di Rusia.

Dibanding vodka, minuman ini dianggap sebagai alternatif menyehatkan. Namun mereka tidak meminum susu kuda segar atau yang belum difermentasi karena bersifat laksatif atau pencahar.

(adr/odi)
Load Komentar ...