Gurih Renyah Keripik Umbi

Kriuk Kres Keripik dari Kentang hingga Singkong yang Jadi Favorit Semua Usia

Maya Safira - detikFood Rabu, 08 Mar 2017 18:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Keripik jadi camilan favorit banyak orang. Banyak diolah dari tanaman umbi-umbian, seperti kentang hingga talas.

Siapa yang tidak suka keripik. Camilan ini kerap jadi pengisi waktu luang. Tidak cuma rasanya yang gurih enak. Tekstur keripikpun begitu renyah. Menimbulkan suara kriuk-kriuk di tiap kunyahan.

Ada banyak jenis keripik yang dijual di pasaran. Mulai dari keripik produksi rumahan hingga keripik kemasan impor yang bisa ditemui di supermarket besar.

Kriuk Kres Keripik dari Kentang hingga Singkong yang Jadi Favorit Semua UsiaFoto: iStock


Camilan ringan ini dapat dibuat dari sayuran dan buah-buahan. Tapi varian paling populer yaitu keripik berbahan tanaman umbi-umbian. Seperti kentang, singkong, ubi dan talas.

Pada proses pembuatan keripik, umbian dikupas dan diiris hingga tipis. Kemudian digoreng atau dipanggang sampai garing.

Keripik lalu diberi garam sebagai penambah rasa. Bisa juga penyedap rasa lainnya. Termasuk rasa BBQ, rumput laut, keju, balado dan masih banyak lagi. Kini ikut berkembang keripik umbi-umbian dengan citarasa manis.

Keripik kentang sendiri tergolong keripik klasik yang punya banyak penggemar di berbagai negara. Sampai ada variasi berbeda di tiap wilayah. Baik di Amerika, Inggris, Jepang, Jerman maupun Indonesia.

Kriuk Kres Keripik dari Kentang hingga Singkong yang Jadi Favorit Semua UsiaFoto: iStock


Menengok sejarahnya, konon keripik kentang ditemukan oleh George Crum yang merupakan chef keturunan Afrika Amerika. Ia bekerja di restoran Moon's Lake House yang sangat terkenal dengan kentang goreng.

Pada 24 Agustus 1853, ada seorang pengunjung yang mengeluh kentang goreng terlalu tebal. Akhirnya Crum membuat kentang goreng yang sangat tipis sampai tidak bisa ditusuk dengan garpu. Kentang goreng itu juga diberi tambahan garam. Ternyata sang konsumen menyukainya. Sampai akhirnya kentang diberi nama "Saratoga Chips".

Di abad 20, keripik kentang tidak sekedar jadi menu restoran. Produksi massal keripik kentang dimulai di Amerika sejak itu. Untuk keripik kentang dengan tambahan rasa baru diluncurkan di Amerika pada tahun 1950-an melalui kemunculan rasa barbekyu.

Kriuk Kres Keripik dari Kentang hingga Singkong yang Jadi Favorit Semua UsiaFoto: iStock


Nah, ingin tahu lebih banyak lagi mengenai keripik umbi-umbian? Pada ulasan khusus kali ini, Detikfood akan membahas mengenai produk keripik umbi-umbian.

Seperti produk keripik lokal dan impor, perbandingan rasanya, tips membuat keripik enak, hingga cara lain menikmati keripik. Tidak ketinggalan info soal porsi ngemil keripik tiap kali makan. (msa/odi)
Load Komentar ...