Kantin Karyawan di Mall

Kalau ke Kantin Pacific Place, Wajib Cicip Ayam Bakar dan Gado-gado

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 27 Feb 2017 18:45 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Ingin makan siang di kantin karyawan Pacific Place? Mampirlah ke stan ini. Ada ayam bakar kalasan yang empuk gurih dan gado-gado sedap mengenyangkan.

Kantin Pacific Place tak hanya diperuntukkan bagi karyawan mall. Mereka yang bekerja di sekitar atau pengunjung mall juga boleh mampir bersantap di sini.

Ada beragam menu yang bisa dicicip dari sekitar 22 penjaja makanan. Tetapi beberapa stan ini nampaknya jadi favorit karena banyak dipesan.

Saung Hondje (Bakul Kuring), misalnya, menawarkan lauk rumahan sedap. Posisinya ada di ruangan ujung kantin P1. Ada ayam penyet, ayam suwir, bistik sapi, daging sapi suwir, dan mun tahu ayam di sini.

Kalau ke Kantin Pacific Place, Wajib Cicip Ayam Bakar dan Gado-gadoFoto: detikFood

Pengunjung bisa memilih ingin nasi putih, nasi merah, atau nasi uduk. Total pesanan akan dihitung usai pengunjung memilih lauk.

"Saya sudah 4 tahun jualan di kantin ini. Setiap hari masak fresh di rumah dibantu 1 karyawan. Ke sini tinggal bawa makanan matang karena nggak boleh masak di tempat," ujar pemilik Saung Hondje (Bakul Kuring) pada detikFood (24/2).

Kami sempat mencicip nasi merah berlauk ayam penyet, cumi asin, dan tumis labu siam di sini. Harganya Rp 28.000. Ayam penyetnya begitu gurih dan empuk meski digoreng garing. Pedasnya sambal yang dibalur di atasnya terasa 'menonjok'! Cocok untuk pencinta pedas.

Kalau ke Kantin Pacific Place, Wajib Cicip Ayam Bakar dan Gado-gadoFoto: detikFood

Cumi asin juga tak kalah memuaskan. Empuknya potongan cumi berpadu enak dengan bumbu cabai. Jejak pedasnya bisa sedikit diimbangi dengan menyantap tumis labu siam yang renyah segar. Semakin istimewa karena ada pelengkap sambal goreng dan kerupuk gratis.

Penasaran dengan ayam bakar yang dipesan banyak orang, kami melipir ke stan Ayam Bakar Joker Joyo. Seporsi nasi, ayam bakar, dan tempe bacem dibanderol Rp 19.000 di sini. Lengkap dengan sambal terasi.

Nyamm! Balutan bumbu kalasan yang manis gurih berpadu enak dengan potongan ayam yang empuk. Makin enak dimakan dengan tempe dan lalapan yang dipadu sambal terasi pedas.

Kalau ke Kantin Pacific Place, Wajib Cicip Ayam Bakar dan Gado-gadoFoto: detikFood

"Saya baru jualan 2 bulan di sini. Tiap hari bisa menjual 45-50 potong ayam. Ada ikan dan cumi bakar juga," tutur penjaja Ayam Bakar Joker Joyo. Ia menginformasikan sebelum ayam dibakar, ayam dioles dulu dengan bumbu yang merupakan campuran kecap dan sambal.

"Semuanya dibakar matang di rumah. Di sini tinggal dihangatkan dengan cara ditaruh di oven. Biar cukup waktu," sambungnya.

Gado-gado di stan Pak Kitik tak kami lewatkan. Seporsi gado-gado dijual Rp 14.000 di sini. Bisa memakai nasi atau lontong.

"Di sini sudah 6 tahun jualan. Semua bahan sayuran sudah direbus jadi di sini tinggal dicampurkan bumbu kacang," jelas salah seorang penjual. Wah, porsi gado-gadonya lumayan besar.

Kalau ke Kantin Pacific Place, Wajib Cicip Ayam Bakar dan Gado-gadoFoto: detikFood

Ada potongan mentimun, kacang panjang, bayam, wortel, dan sayuran lain dalam balutan bumbu kacang yang kental gurih. Dimakan pakai kerupuk aci, rasanya makin mantap.

Selain gado-gado, Pak Kitik juga menyediakan karedok, pecel, dan ketoprak. Tak ketinggalan soto ayam dan soto daging dari kisaran harga Rp 12.000-18.000 saja.

(adr/odi)