Uniknya Tren Paduan Natto dengan Custard Pudding yang Manis!

Maya Safira - detikFood Rabu, 22 Feb 2017 17:31 WIB
Foto: Rocketnews24
Jakarta - Natto dikenal sebagai makanan unik dari Jepang. Kini muncul tren yang menggabungkan natto dengan puding manis!

Natto merupakan makanan hasil fermentasi kacang kedelai dengan Bacillus subtilis. Makanan mirip tauco ini tampak berlendir, lengket dan aromanya sangat tajam. Sehingga bila tak terbiasa dengan aromanya, orang langsung menolak natto.

Biasanya natto jadi bagian menu sarapan. Rasanya yang gurih asin cocok sebagai teman makan nasi, miso sup dan makanan tradisional lainnya. Tapi ada juga yang mencampurkan natto dengan okonomiyaki hingga roti tawar.

Natto memang sekarang biasa dimakan kapan saja. Baik sebagai camilan siang ataupun malam. Bahkan ada tren baru di Jepang yang memadukan natto dengan puding custard manis.

Uniknya Tren Paduan Natto dengan Custard Pudding yang Manis!Foto: Rocketnews24


Rocketnews24 (22/02) pun mencoba tren yang heboh di media sosial setempat. Kreasi ini hanya perlu dua bahan, natto dan puding custard kemasan dengan karamel di bagian bawahnya.

Untuk membuatnya, natto ditempatkan dalam sebuah mangkuk. Kemudian "purin" atau custard pudding Jepang ditumpuk ke atasnya. Baru kedua bahan ini dicampur hingga rata. Setelah lebih dari semenit diaduk, hasilnya tampak creamy seperti kocokan telur mentah.

Uniknya Tren Paduan Natto dengan Custard Pudding yang Manis!Foto: Rocketnews24


Cairan yang kental itu didominasi aroma puding yang mengalahkan natto. Meski tampilannya aneh, ternyata campuran bercitarasa enak.

Rasa custard pudding tetap kuat, menghilangkan rasa tajam khas natto. Pada akhirnya, rasa kacang lebih mirip seperti kacang merah yang banyak dipakai dalam dessert tradisional Jepang.

Uniknya Tren Paduan Natto dengan Custard Pudding yang Manis!Foto: Rocketnews24


Rupanya campuran tersebut dianggap lebih enak dengan tambah soy sauce. Penggunaan kecap asin memberi tambahan rasa gurih yang mirip baluran mitarashi dango.

Tidak terlalu mengejutkan bila orang Jepang bisa suka dengan natto custard pudding. Meski begitu, makanan penutup tak biasa ini mungkin tetap sedikit aneh bagi beberapa orang. (msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com