Apa Bedanya Kaldu Tulang dan Kaldu Daging?

Sonia Permata - detikFood Rabu, 01 Feb 2017 11:36 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Tampilannya bening dan rasanya sama gurih. Tetapi kaldu tulang dan kaldu daging punya perbedaan.

Kaldu tulang disebut 'bone stock' sedangkan kaldu dikenal dengan sebutan 'broth'. Meskipun sama-sama kaldu, tetapi keduanya berbeda cara pembuatannya dan penggunaannya

Banyak orang bingung dengan perbedaan dua jenis kaldu ini. Menurut Marco Conora, salah satu chef di restoran Hearth and Brodo di New York, ada beberapa perbedaan antara kaldu tulang dan kaldu daging.

Apa Bedanya Kaldu Tulang dan Kaldu Daging?Foto: iStock


"Sebenarnya kaldu dari tulang itu juga kaldu," tutur Brodo, seperti dikutip dari foxnews (26/01/17), kerancuan istilah ini karena dulu menyebut kaldu tulang sebagai kaldu. Kaldu tulang memiliki kolagen yang lebih kental yang keluar dari sendi dan tulang ayam atau sapi ketika dimasak dalam waktu yang lama.

Sementara kaldu biasanya dibuat dari seprihan daging dengan sedikit lemak yang direbus lama. Sejak 3-5 tahun silam kaldu tulang disebut sebagai kaldu saja.

Kaldu tulang merupakan kaldu terbaik. Karena memiliki tekstur yang lebih kental dan rasa gurih yang pekat dan dimasak dalam waktu lama. Menurut ahli makanan, Carli Lalli Music, kaldu ayam, sapi, atau jenis kaldu lainnya hanya membutuhkan waktu sekitar 2-4 jam untuk dimasak.

Apa Bedanya Kaldu Tulang dan Kaldu Daging?Foto: iStock


Sementara menurut Canora, untuk membuat kaldu tulang ayam dibutuhkan sekitar 6 jam perebusan, sementara kaldu tulang sapi atau kaldu tulang domba harus dimasak selama 16-18 jam.

Membuat kaldu tulang atau bone broth tidak boleh terlalu matang, karena ini akan menghancurkan serat-serang tulan hingga meningkatkan kadar gelatin dalam kaldu tersebut.

Kolagen yang terdapat dalam kaldu tulang jika didinginkan dalam lemari akan berbentuk jelly. Mengandung protein yang baik untuk kulit, rambut, kuku, dan manfaat kesehatan lainnya.

Apa Bedanya Kaldu Tulang dan Kaldu Daging?Foto: iStock


Untuk membuat kaldu tulang, bersihkan tulang, lalu panggang tulang dalam oven selama 20 atau 30 menit, untuk memperkaya rasa pada kaldu nanti.

Siapkan panci besar dengan air mendidih, masukan tulang bersama sayur-sayuran, seperti bawang daun, wortel, sledri, atau jenis lainnya sesuai selera. Diamkan selama beberapa jam, sisihkan lemak yang mengapung di permukaan kaldu setiap 20 menit sekali agar tidak luber dan kaldu bening.

Setelah kaldu menyusut hampir setengahnya, angkat dan saring. Dinginkan kaldu dan siap digunakan sesuai selera. Jika ingin disimpan lama, masukkan ke dalam kantong plastik dan bekukan. (msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com