Camilan Anak Sekolah

Camilan Anak Harus Sehat dan Enak Agar Tetap Berenergi di Sekolah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 31 Jan 2017 11:43 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Camilan Anak Sekolah
Jakarta - Selain bekal makan siang, anak sekolah juga perlu diberi camilan. Ini agar mereka tetap fokus dan berenergi selama belajar.

Jam belajar yang panjang di sekolah sering kali membuat anak lelah dan cepat lapar. Karenanya orang tua perlu membawakan camilan sebagai pelengkap bekalnya. Sebaiknya pilih camilan sehat supaya stamina anak tetap terjaga.

Kue basah, buah segar, aneka puding, roti isi, dan kacang-kacangan bisa jadi pilihan. Makanan tersebut mengandung serat yang baik untuk pencernaan anak dan mampu menjaga mereka tetap kenyang.

Camilan Anak Harus Sehat dan Enak Agar Tetap Berenergi di SekolahFoto: iStock
Beberapa camilan seperti minuman manis, jus kemasan, teh kemasan, cokelat, chiki, atau keripik sebaiknya dihindari. Rasa manis dan gurihnya terlalu kuat sehingga bisa membuat anak malas menyantap makanan utama.

Selain itu, porsi camilan penting diperhatikan. Porsinya perlu disesuaikan dengan umur, berat badan, dan aktivitas anak di sekolah. Hal ini penting untuk mencukupi kebutuhan kalori harian mereka.

Jika memberikan anak camilan kemasan seperti kue atau susu, orang tua perlu membaca label dengan seksama. Informasi penting seperti tanggal kedaluwarsa, komposisi, dan informasi nilai gizi produk tersebut harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan anak.

Camilan Anak Harus Sehat dan Enak Agar Tetap Berenergi di SekolahFoto: iStock
Yang tak kalah penting, orang tua juga harus mengawasi camilan di sekitar sekolah anak. Jika mereka jajan, pastikan lingkungan jajannya bersih dan terhindar dari polusi apapun. Pastikan pula camilan yang dipilih adalah camilan yang bernutrisi dan mengenyangkan.

Nah, pada ulasan kali ini detikFood akan membahas serba-serbi seputar camilan anak sekolah. Mulai dari jenis jajanan sekolah, bikin camilan yang sehat, porsi camilan yang disarankan, hingga tips saat menyiapkannya. (ani/odi)
FOKUS BERITA Camilan Anak Sekolah
Load Komentar ...