Harga Cabai Mahal? Ikuti Saja Cara Ini untuk Menanam Cabai!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 26 Jan 2017 13:27 WIB
Halaman 1 dari 5
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Di pekan pertama 2017, harga cabai rawit merah melambung hingga Rp 120.000/kg. Menanam cabai sendiri di rumah bisa jadi solusi masalah ini.

Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution menjelaskan tingginya harga cabai disebabkan pengaruh hujan yang terlalu lama. Sabtu (7/1) lalu di Surabaya, Darmin mengatakan "Anda tahu, kalau airnya banyak, cabai itu mudah kena jamur."

Ia menambahkan, "Mungkin petani cabai yang memiliki lahan setengah hektar, hasil (panen)nya menjadi sekitar sepertiga atau seperempat saja."

Bukan hanya cabai rawit merah, cabai rawit hijau dan cabai rawit keriting juga mengalami kenaikkan harga. Di awal tahun 2017 sempat menyentuh Rp 50.000 per kg untuk cabai merah keriting dan Rp 80.000-90.000 per kg untuk cabai rawit hijau.

Berbagai upaya bisa dilakukan guna mengatasi masalah ini. Salah satunya usulan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita tentang menanam cabai sendiri di rumah.

Kementerian Pertanian (Kementan) bahkan berencana membagikan 10 juta pohon cabai ke seluruh Indonesia dengan target penerima ibu-ibu anggota PKK. Sepanjang September, Oktober, dan November, Jabodetabek sudah lebih dulu menerima distribusi 280 ribu pohon cabai ini dari Kementan.

Nah, jika Anda berniat menanam cabai sendiri di rumah, ada sejumlah langkah yang perlu diperhatikan. Kepada detikcom, Ida Amal selaku Penggerak Indonesia Berkebun menjelaskan langkah menanam cabai yang benar: (adr/odi)
Load Komentar ...