Begini Cara Potong Kue yang Benar Secara Ilmiah

Annisa Trimirasti - detikFood Selasa, 17 Jan 2017 11:01 WIB
Foto: iStock/Youtube
Jakarta - Kue bundar umumnya dipotong dari titik tengah. Ternyata cara ini salah menurut para ilmuwan.

Banyak kue bentuknya bundar dengan diameter 18 cm hingga 28 cm. Namun kue ini kadang tidak langsung habis dimakan dan kemudian disimpan dalam kulkas.

Ketika memotong umumnya diawali dari titik tengah ke arah luar sehingga terbentuk potongan segitiga. Sisa kue setelah disimpan biasanya kering pada bekas potongan.

Begini Cara Potong Kue yang Benar Secara IlmiahFoto: iStock/Youtube
Rupanya cara memotong kue ini keliru sehingga kue gampang kering, lapor huffingtonpost.com (11/1/17). Sebuah video dari channel Yotube Numberphile milik Alex Bellos mengungkap cara benar memotong kue secara ilmiah.

Alex menjelaskan bahwa cara potong ilmiah ini telah disebutkan dalam Nature, majalah sains terkenal, edisi 20 Desember 1906.

Ilmuwan mengungkap mengapa setelah kue dipotong dan disimpan jadi kering. Ini karena bagian terbuka sisa potongan terpapar udara dalam jangka waktu lama.

Begini Cara Potong Kue yang Benar Secara IlmiahFoto: iStock/Youtube
Oleh karena itu potong kue memanjang di bagian tengah. Kemudian beri jarak dengan memotong sampingnya. Sehingga menyisakan 2 potongan setengah lingkaran.

Setelah potongan tengah yang memanjang, kue bisa dirapatkan kembali sehingga membentuk lingkaran atau oval. Tidak ada bagian kue yang terpapar udara luar sehingga tetap lembut.

Begini Cara Potong Kue yang Benar Secara IlmiahFoto: iStock/Youtube
Simpan kue yang tersisa dalam wadah tertutup di lemari atau lemari es. Jika akan makan kue, potong berlawanan arah dan ambil potongan tengah dan rapatkan kembali bekas potongannya. Lakukan cara yang sama hingga kue habis.

Cara ini akan membuat Anda dapat menikmati kue secara maksimal. Tetap lembut dan enak hingga potongan terakhir.


(ani/odi)