Ragam Jajanan Gerobak

Empuk Lembut Bakpao, Kudapan Kukus dari Negeri Tirai Bambu

Annisa Trimirasti - detikFood Minggu, 15 Jan 2017 17:11 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Tidak hanya di restoran, salah satu jenis dim sum ini pun bisa dinikmati di pinggir jalan. Bakpao empuk lezat dinikmati kapan saja.

Bakpao atau Hanzi adalah makanan tadisional China. Namun sekarang sajian ini sudah mendunia termasuk di Indonesia.

Dalam Bahasa China, 'pao' berarti bungkusan dan 'bak' berarti daging. Aslinya, daging dalam bakpao adalah daging babi, namun disesuaikan dengan mayoritas penduduk Indonesia yang muslim, isian divariasikan mulai dari kacang hijau, kacang merah, ayam, hingga daging sapi.

Empuk Lembut Bakpao, Kudapan Kukus dari Negeri Tirai BambuFoto: Detikfood


Biasa dijual di sore atau malam hari, bakpao ternyata juga dijual di pagi hari. Seorang penjaja bakpao tidak sengaja ditemui pagi tadi (15/1/17) oleh detikfood di dekat Bundaran HI saat sedang Car Free Day.

Penjual ini bernama Pak Tohirno, dengan gerobak sepedanya, ia biasa berjualan di sekitaran Manggarai, namun bila sabtu minggu ia sengaja pergi mencari pelanggan ke area Car Free Day yaitu sepanjang Monas Hingga FX Senayan.

Empuk Lembut Bakpao, Kudapan Kukus dari Negeri Tirai BambuFoto: Detikfood


Ada tiga pilihan isi yang dijual yaitu kacang hijau, ayam dan cokelat. Detikfood tertarik membeli bakpao isi cokelat yang dihargai Rp.8.000.

Sambil membuka kukusan bakpao yang mengeluarkan kepulan asap dan bau harum itu, Pak Tohirno mengatakan bahwa ia telah menjadi penjual bakpao selama 20 tahun. Ia tinggal di Bukit Duri bersama penjual bakpao lainnya dan membuat sendiri roti bakpao di pagi hari.

"Buat dari biang nya sendiri. Agak lama baru selesai jam 12. Jadi biasa mulai jualan dari jam 3 an sampai malam lah, bisa sampai jam 3 pagi. Kalau yang buat CFD an ini sengaja buat untuk 2 hari, jadi bisa jualan dari pagi.,"cerita Pak Tohirno.

Kulit bakpao memang dibuat dari adonan tepung terigu, diberi ragi untuk mengembangkan adonan. Setelah menjadi biang, bakpao dibentuk dan diisi kemudian dibiarkan mengembang lalu dikukus sampai matang.

Empuk Lembut Bakpao, Kudapan Kukus dari Negeri Tirai BambuFoto: Detikfood


Bakpao biasa dijual dalam bentuk lingkaran, ukuran diameter kurang lebih 10 cm, sepegangan tangan dan berwarna putih. Titik warna-warni di tengah lingkaran bagian atas, biasanya merah dan hijau, dibuat untuk menandakan isi bakpao.Bakpao cokelat Pak Tohirno cukup banyak dan lembut, sayang lelehan cokelatnya baru muncul saat gigitan-gigitan terakhir.

Selain di dekat Bunderan HI, penjaja bakpao juga ada di banyak tempat lain. Bakpao buatan pak Tohirno dijual dengan harga Rp.7.000 saja. Selalu dijajakan panas mengepul! (msa/odi)