Ragam Jajanan Gerobak

Krenyes Renyah Manis Jajanan Favorit Anak dan Orang Dewasa

Annisa Trimirasti - detikFood Minggu, 15 Jan 2017 14:26 WIB
Foto: Annisa Trimirasti/Detikfood
Jakarta - Kue tipis mirip crepe ini jadi favorit anak-anak. Jajanan sejak zaman kolonial ini masih bertahan hingga sekarang.

Kue lekker berbentuk setengah lingkaran tipis mirip crepes. Terbuat dari tepung terigu dan berisi meisjes, gula atau keju. Kue ini sudah ada sejak zaman Belanda. Nama lekker sendiri diambil dari bahasa Belanda yang berarti enak. Ini karena rasanya yang renyah manis enak.

Kue lekker awalnya dikenal di Solo tapi seiring waktu, kue ini telah jadi jajanan pinggir jalan di berbagai kota di Indonesia. Kue lekker biasa dijual dengan gerobak kecil didepan sekolah.

Krenyes Renyah Manis Jajanan Favorit Anak dan Orang DewasaFoto: Annisa Trimirasti/Detikfood


Berjalan-jalan di CFD Minggu pagi (15/1/17), detikfood beruntung dapat menemui seorang penjaja lekker. Maklum, zaman sekarang, kue garing ini sudah jarang ditemukan.

Penjual lekker ini bernama Pak Madi, ia baru berjualan lekker kurang lebih 1 tahun. Biasa berjualan keliling di beberapa SD di daerah Sunter, Pak Madi sengaja ke dekat Bundaran HI setiap hari Sabtu dan Minggu.

"Laku kalau di sini. Saya biasa jualan 1 kg tapi kalau disini bisa 2 kg. Nanti kalau dari sini ngga habis saya ke belakang gereja Theresia," tuturnya.

Kue lekker Pak Madi sudah dibungkus dalam plastik bening. Satu plastik bening berisi 5 lekker dan dihargai Rp.5000 atau 1 buah lekker Rp.1000 saja.

Krenyes Renyah Manis Jajanan Favorit Anak dan Orang DewasaFoto: Annisa Trimirasti/Detikfood


Kecewa karena tidak dapat melihat lekker dibuat ternyata Pak Madi bersedia membuatnya yang hangat. 'Sudah dibungkus biar cepat tapi kalau mau panas baru dibuat juga boleh.' ujar Pak Madi.

Pak Madi pun mulai memanaskan wajan hitam kecil bundar kemudian menuang sesendok adonan yang terbuat dari tepung terigu dan sagu secara melingkar rata, dibuat tipis agar renyah. Persis seperti crepe. Setelah mulai mengering, meisjea dan gula pasir pun ditaburkan. Kemudian kue dilipat dua menjadi setengah lingkaran, kue lekker pun siap dinikmati.

Krenyes Renyah Manis Jajanan Favorit Anak dan Orang DewasaFoto: Annisa Trimirasti/Detikfood


Sambil menunggu kue lekker dibuat satu per satu, ternyata Pak Madi ini punya banyak langganan. Seorang pria usia 20 an datang dan langsung memesan 8 bungkus lekker . Ada juga seorang wanita datang membeli 4 bungkus.

"Memang sudah langganan itu, biasanya juga bisa beli 20 bungkus." ujar Pak Madi. Kue lekker enak ternyata tak disukai anak kecil saja, orang muda dan dewasa pun menyukainya. Krenyes legit terutama saat hangat! (msa/odi)