Ragam Jajanan Gerobak

Asam Segar Rujak Buah yang Diracik di Gerobak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 15 Jan 2017 10:05 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Kalau mau jajanan segar di gerobak, cobalah rujak buah. Potongan buah renyah berpadu enak dengan saus gula merah. Kress!

Ada banyak jenis rujak di Indonesia, namun yang paling populer adalah rujak buah. Berupa potongan buah-buahan segar dengan saus gula merah sebagai pelengkapnya.

Buah yang dipilih untuk rujak punya kriteria khusus. Biasanya memanfaatkan buah yang tumbuh di halaman seperti mangga, kedondong, jambu air, dan pepaya.

Asam Segar Rujak Buah yang Diracik di GerobakFoto: Detikfood


Buahnya sengaja dipilih yang belum masak sehingga teksturnya renyah atau mengkal dan rasanya asam. Selain buah renyah, ada juga pemakaian buah berair seperti mentimun dan nanas yang tak kalah segar.

Soal bumbu, saus rujak buah diracik dari beberapa bahan termasuk gula merah, kacang tanah, terasi, asam jawa, cabai rawit, dan garam.

Semua bumbu tersebut dihaluskan dengan cobek. Dilarutkan dengan air asam dan sedikit air masak hingga kental. Menciptakan paduan rasa asam manis yang enak.

Bumbu rujak nantinya bisa dipisah atau dicampur jadi satu dengan semua potongan buah.

Asam Segar Rujak Buah yang Diracik di GerobakFoto: Detikfood


Salah satu penjual rujak buah ada di kawasan Sabang. Di sini potongan buah disajikan terpisah dari bumbunya. Disusun rapih dalam mika plastik dengan paduan warna cantik.

Nampak bengkuang, mangga, nanas, kedondong, jambur air, dan mentimun didalamnya. Selain saus gula merah, penjual juga menyertakan garam cabai sebagai cocolan buah.

Kalau mau rujak bebeg, tak jauh dari penjual rujak buah ini, Anda bisa menemui penjualnya. Aneka buah dan bumbu ditumbu jadi satu sehingga teksturnya lebih berair. Segar enak! (msa/odi)